Advertisement

New Normal Berlaku, Sekolah di Bantul Bisa Gunakan Sistem Sif

Jumali
Senin, 01 Juni 2020 - 21:17 WIB
Budi Cahyana
New Normal Berlaku, Sekolah di Bantul Bisa Gunakan Sistem Sif Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Bantul (Disdikpora) Bantul sudah menyiapkan sejumlah langkah menghadapi pelaksanaan tahun ajaran baru 2020/2021 yang akan dimulai 13 Juli. Selain menyiapkan skenario pembelajaran jarak jauh, Disdikpora Bantul juga menyiapkan metode kegiatan belajar mengajar (KBM) sesuai dengan protokol kesehatan dan pencegahan penularan Covid-19.

Kepala Disdikpora Bantul Isdarmoko mengatakan jawatannya menyiapkan kebijakan untuk menyambut era normal baru. Semua protokol kesehatan harus dipenuhi. Ada sejumlah skenario dari Disdikpora untuk mengurangi jumlah siswa dalam satu kelas, salah satunya dengan sistem sehari masuk sehari libur.

Advertisement

Skenario lainnya adalah membagi kegiatan belajar mengajar pagi dan siang alias sistem sif. Namun, kedua pilihan ini punya konsekuensi bagi siswa, guru maupun orang tua, sehingga harus dipertimbangkan masak-masak. “Soal pengaturan sif ini, kami masih menunggu dari Kemendikbud,” kata Isdarmoko, Senin (1/6/2020).

Selain itu, Disdikpora Bantul memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada 200 guru. Pemberian bimtek untuk 200 guru dari 17 kecamatan dari tingkat kanak-kanak hingga menengah pertama sangat penting sebagai upaya menyiapkan tenaga didik jika nantinya KBM masih dilakukan secara jarak jauh.

Melalui bimtek selama dua hari, Disdikpora memberikan bekal kepada guru berupa materi tentang pengajaran secara daring. Selain mencakup pemetaan materi esensial, para guru juga mendapatkan pembekalan mengenai bahan ajar dan penilaian berbasis Internet. “Serta yang tidak kalah penting adalah semua berkaitan dengan penguasaan media berbasis daring,” ujar Isdarmoko.

Ia berharap nantinya ke-200 guru yang menyelesaikan bimtek mampu menyosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada guru lainnya di wilayahnya. “Inilah alasan kenapa kami mengikutsertakan setiap perwakilan di 17 kecamatan yang ada,” kata Isdarmoko.

Pekan ini, Disdikpora akan merealisasikan bimtek kepada guru lainnya di wilayahnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement