Ini Pesan Sultan untuk Warga DIY Soal New Normal

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X memberikan arahan pada warga Dareha Istimewa Yogyakarta (DIY) soal penyakit yang disebabkan virus corona SARS-CoV-2. - Harian Jogja/Gigih M Hanafi
02 Juni 2020 16:37 WIB Newswire Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sultan mengajak warga DIY untuk menyongsong new normal dengan optimistis.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan HB X, meyakini masyarakat memiliki modal sosial untuk membangun new normal (kenormalan baru) di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

New normal adalah sebuah era baru yang harus disikapi sebagai sebuah ikhtiar,” kata Sultan dalam keterangan tertulis, Selasa (2/6/2020).

Masa pandemi Covid-19 telah menjadi sebuah trial atau latihan dalam menyambut situasi new normal. Masyarakat harus cepat beradaptasi dengan pola hidup baru yang lebih sehat, teratur, dan higienis. New normal harus disikapi dengan ketenangan, optimisme, dan kepatuhan terhadap tatanan kehidupan yang baru.

Ujung tombak pemutus rantai Covid-19 ada di tangan masyarakat. Begitu pula dalam mengelola kehidupan sosial, masyarakat berada di garda paling depan. Menjaga kerukunan dan kekompakan warga sangat diperlukan dalam mewujudkan tatanan pola hidup baru

“Kebersamaan dalam menjalankan protokol kesehatan dan protokol sosial adalah modal terbaik dalam bertahan dan agar dapat selamat dari wabah ini,” kata Sultan.

Aparat pemerintahan sebagai garda layanan publik juga harus ikut bebenah. Mereka harus mengasah budi dan rasa, sebagai modal memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat, menciptakan tataran layanan dalam budaya mutu yang lebih tinggi, melayani dengan hati.

Sultan mengatakan, Jogja Gumregah tampaknya harus sedikit dimodifikasi dalam situasi ini. Modalnya tetap sama, yaitu inovasi, dengan mengindahkan protokol kesehatan dan protokol sosial di era new normal.

“Inovasi dapat dimulai dari aparat pemerintahan sebagai garda terdepan manajemen negara, dalam memberikan layanan publik kepada masyarakat,” ujar Sultan.

Momentum Hari lahir Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, kata Sultan, harus menjadi spirit dalam menjaga, mengasah, dan mengasuh kebersamaan dalam upaya membangkitkan lagi optimisme dalam kehidupan bernegara dan masyarakat. Memahami dan menjalankan kelima sila, bangsa ini dapat bergerak maju dalam situasi sesulit apapun dengan ketaqwaan, keadilan, persatuan, demokrasi dan keadilan sebagai modal utamanya.

Artikel ini telah tayang di Okezone.com dengan judul "Sultan Hamengkubuwono X : Masyarakat Punya Modal Sosial Menuju New Normal"

Sumber : Okezone.com