Ini Sejumlah Objek Wisata di Bantul yang Mulai Dibuka Akhir Bulan Ini

Wisatawan menikmati keindahan Songgo Langit, Mangunan, Bantul, Kamis (6/6/2019).- Harian Jogja - Salsabila Annisa Azmi
02 Juni 2020 18:37 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Pemerintah Kabupaten Bantul memastikan sampai saat ini belum membuka objek wisata di Bantul. Uji coba pembukaan objek wiasata rencananya baru akan dilakukan pada pekan terakhir bulan ini dan hanya objek wisata tertentu yang akan diujicobakan untuk membuka layanan kunjungan wisatawan.

Saat ini Pemkab masih mempersiapkan sarana dan prasarana di objek wisata agar memenuhi protokol kesehatan, "Selain persiapan sarana dan prasarana serta alat pelindung diri juga kami harus dipastikan kesiapan semua petugas pengelola wisata," kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, saat dihubungi Senin (2/6/2020).

"Minimal tiga hal yang harus terpenuhi seperti sarana tempat cuci tangan, alat pengecekan suhu tubuh untuk pengunjung," imbuh Kwintarto.

Ia mengakui butuh waktu dan anggaran untuk mempersiapkan protokol kesehatan di objek wisata. Bahkan objek wisata andalan seperti Pantai Parangtritis juga belum siap baik alat pelindung diri untuk petugas maupun kesiapan perilaku pengelola wisata di lapangan.

Pihaknya baru mengajukan anggaran pengadaan sarana dan prasarana tersebut melalui Dana Tidak Terduga (DTT). Selain itu juga perlunya ada kerjasama dengan petugas kesehatan untuk menangani jika ada kejadian yang tidak terduga, misalnya ada pengunjung yang suhu tubuhnya tinggi atau tiba-tiba ada yang pingsan maka harus dipersiapkan standar prosedur penanganannya.

Kwintarto mengatakan Dinas Pariwisata juga tetap harus mendasarkan pada situasi dan kondisi perkembangan penyebaran kasus Covid di Bantul sebelum membuka objek wiasata. Ia tidak menampik saat ini masih ditemukan pasien positif Covid-19 di Bantul meski jumlahnya tidak banyak.

Lebih lanjut mantan Camat Sewon ini mengatakan kesiapan menuju new normal masih terus dilakukan. Berdasarkan hasil rapat terakhir, kata dia, beberapa objek wisata yang akan diujicobakan untuk buka pertama kali adalah Puncak Becici Pinus Pengger, dan Pintu Langit. Ketiganya merupakan wisata di kawasan Mangunan.

Selain itu juga ada Goa Selarong dan juga Pantai Parangtritis yang diusulkan Bupati Bantul Suharsono untuk dipersiapkan diujicobakan. Kwintarto menilai objek-objek wiasata tersebut sebagian sudah mempersiapkan penerapan protokol kesehatan penyambutan wisatawan meski belum semuanya.

Sesuai Surat Edaran (SE) Bupati Bantul terkait perpanjangan masa tanggap darurat pandemi Covid-19 sampai 30 Juni mendatang. "Manakala protokol kesehatan sudah terpenuhi maka pembukaan objek wisata bisa diujicobakan sebelum 30 Juni atau paling tidak pekan terkhir bulan ini. Dengan catatan SOP terpenuhi ya," ujar Kwintarto.