Advertisement

Setelah Pasar, Rapid Test Acak di Jogja Akan Digelar di Mal dan Kafe

Catur Dwi Janati
Kamis, 04 Juni 2020 - 20:57 WIB
Budi Cahyana
Setelah Pasar, Rapid Test Acak di Jogja Akan Digelar di Mal dan Kafe Rapid diagnostic test (RDT) Covid-19 di Pasar Beringharjo, Kamis (4/6/2020). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJARapid diagnostic test (RDT) Covid-19 acak di pasar tradisional Jogja belum rampung. Dari 250 sampel pedagang di 10 pasar, masih ada beberapa pedagang yang belum diuji. Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja berencana menggelar rapid test acak di mal dan kafe.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi, mengatakan hasil rapid test acak pedagang pasar belum bisa disampaikan kepada publik karena masih dikelola oleh Tim Epidemiologi UGM. Selain itu di hari kedua RDT acak, masih ada pedagang yang belum dites sehingga data sampel belum terkumpul dengan lengkap. "Kami mengikuti mekanisme dari Tim Epidemiologi UGM agar hasil [RDT acak] yang dicapai bisa maksimal seusai metodologi yang diterapkan," jelas Heroe, Kamis (4/6/2020).

Advertisement

Uji sampel rapid test meliputi Pasar Beringharjo 89 pedagang, Pasar Demangan 24 pedagang, Pasar Karangwaru empat pedagang, Pasar Kranggan 25 pedagang, Pasar Pathuk sembilan pedagang, Pasar Serangan 13, Pasar Kotagede 22 pedagang, Pasar Buah Sayur 36 pedagang, Pasar Sentul 13, serta Pasty 18 pedagang.

Bila biasanya RDT dilakukan dua kali, RDT acak di pasar tradisional Jogja ini hanya dilakukan sekali karena RDT acak ini adalah survei, bukan penelusuran (tracing).  "Kalau tracing dilakukan untuk menelusuri orang yang memiliki kontak dengan pasien positif, kalau ini kami sedang melakukan sampling untuk melihat apakah sebaran kasus di pasar ada atau tidak,” ucap Heroe.

Setelah selesai pada RDT acak di pasar tradisional, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jogja akan menggelar tes cepat acak di mal, kafe, dan restoran. Di mal, RDT akan diujikan kepada pengelola gerai dan karyawan. "Kami sudah menghubungi mal-mal, mereka sudah menyanggupi, namun jumlah sampelnya belum ditetapkan," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 43 seconds ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perbaikan Tol Bocimi Akibat Longsor Ditargetkan Rampung Juni

News
| Selasa, 16 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement