Sekolah Diminta Umumkan Kelulusan Serentak Secara Online

Ilustrasi Ujian Nasional SD
04 Juni 2020 06:27 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Bantul meminta semua sekolah SD dan SMP negeri maupun swasta di Bantul agar menyampaikan kelulusan siswa secara daring atau online untuk menghindari potensi penularan Coronavirus Disease atau Covid-19. Rencananya pengumuman kelulusan SMP secara serentak dilakukan pada 5 Juni besok dan SD pada 15 Juni mendatang.

“Karena saat ini masih masa pandemi Covid-19, maka semua protokol kesehatan harus dilaksanakan termasuk dalam pengumuman kelulusan siswa agar disampaikan lewat online. Bisa lewat whatsapp atau website yang ada di sekolah,” kata Kepala Disdikpora Bantul, Isdarmoko, saat dihubungi Rabu (3/6/2020).

Surat keterangan kelulusan juga bisa dikirim ke rumah siswa atau jika terpaksa harus diambil di sekolah, maka jadwal pengambilan keterangan kelulusan, kata Isdarmoko, bisa diatur jadwalnya agar tidak terjadi kerumunan di sekolah.

Soal berapa persen yang tidak lulus, Isdarmoko belum bisa menyampaikannya karena belum waktunya diumumkan. Mantan Kepala Sekolah SMAN 2 Bantul ini menegaskan kelulusan siswa SD dan SMP diserahkan kepada sekolah masing-masing karena tidak ada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD.

Penentuan kelulusan ditentukan dari nilai rata-rata rapot lima smester terakhir, “Sekolah sudah bisa memprediksi kelulusan dari nilai rata-rata rapor lima smester terakhir,” ujar Isdarmoko.

Sekretaris Disdikpora Bantul, Riswidodo menambahkan, teknis pengumuman kelulusan SD dan SMP nantinya siswa dan orangtua tetap berada di rumah. Sekolah akan memberi pengumuman secara daring. Sementara untuk surat keterangan lulus akan diterbitkan sekolah sesuai peruntukan untuk kebutuhan jenjang berikutnya, “Bila ada yang tidak lulus, surat akan diantar ke rumah yang bersangkutan,” ujar Riswidodo.