Peringati Harlah Bung Karno, DPC PDIP Jogja Ajak Generasi Muda Kobarkan Semangat Gotong Royong

Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berdiri di samping pusara seusai memanjatkan doa di makam ayahnya, Presiden Pertama RI Soekarno, di Blitar, Jawa Timur, Kamis (10/5/2018). - Antara/Irfan Anshori
06 Juni 2020 13:07 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Aktualisasi nilai dan pemikiran Bung Karno dalam aksi nyata dewasa ini membutuhkan peran serta semua elemen bangsa, termasuk generasi muda di tanah air.

Semangat perjuangan Proklamator RI untuk membawa bangsa Indonesia menjadi lebih sejahtera penting terus digelorakan.

Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Jogja menegaskan hal ini saat memberikan refleksi hari lahir Ir Soekarno Presiden RI pertama.

"Alhamdulillah saya pernah berkunjung di rumah dimana Bung Karno dilahirkan di Surabaya. Banyak pesan untuk kita, khususnya amanat bagi generasi muda. Ada peran strategis generasi muda untuk menggelorakan semangat gotong royong dalam perjuangan mewujudkan kesejahteraan di negeri ini. Kalau Bung Karno sudah membawa Indonesia menjadi merdeka, tugas kita hari ini meneruskan perjuangan. Ayo terus konsisten bekerja agar bisa membahagiakan bangsa Indonesia. Ayo kerja keras berjuang memerdekakan hatinya Bangsa Indonesia. Berjuang mewujudkan kesejahteraan, kemakmuran dan keadikan bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Eko Suwanto dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu, (6/6/2020).

Eko Suwanto menambahkan dalam rangka memaknai kelahirkan Bung Karno, kelahiran Putra Sang Fajar, kelahiran Pemimpin Besar Revolusi, kelahiran Penyambung Lidah Rakyat yang lahir ada 6 Juni 1901 ada baiknya untuk menengok lagi isi pidato soal apa tujuan merdeka, menjadi bangsa yang merdeka telah disampaikan Bung Karno dalam pidato, 1 Juni 1945 saat lahirkan Pancasila.

Eko menyampaikan bahwa dalam pidato itu Bung Karno menegaskan, Saudara-saudara! Apakah yang dinamakan merdeka? Di dalam tahun ’33 saya telah menulis satu risalah, Risalah yang bernama ,,Mencapai Indonesia Merdeka”. Maka di dalam risalah tahun ’33 itu, telah saya katakan, bahwa kemerdekaan, politieke onafhankelijkheid, political independence, tak lain dan tak bukan, ialah satu jembatan emas. Saya katakan di dalam kitab itu, bahwa di seberangnya jembatan itulah kita sempurnakan kita punya masyarakat.

Di dalam Indonesia merdeka itulah kita memerdekakan rakyat kita! Di dalam Indonesia Merdeka itulah kita memerdekakan hatinya bangsa kita!

"Ada banyak nilai keteladanan dan perjuangan Bung Karno yang bisa diaktualkan dalam tindakan nyata di masa sekarang ini," kata Eko Suwanto, politisi muda PDI Perjuangan.

Di tengah kondisi kesulitan akibat pandemi Covid-19, seluruh bangsa kini berjuang bersama untuk bisa selamat. Generasi muda bisa terlibat aktif untuk membebaskan beban rakyat yang tengah alami kondisi sulit akibat dampak penyakit menular baru.

"Kalau Bung Karno sudah membawa bangsa Indonesia menjadi negara yang merdeka, saatnya kini generasi muda konsisten meneruskan perjuangan pendiri bangsa dengan aksi nyata. Para pemuda, generasi muda kita ajak bangkit bergerak dan terus berkarya. Pemuda harus menjadi pelopor bangkitkan perekonomian bangsa dengan ketrampilan dan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Pemuda harus tampil menjadi pelopor solidaritas antar warga bangsa dalam melawan Covid19," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan.*