4 Warga Gunungkidul Tertular Covid-19 dari Pedagang Ikan, 3 dari Karangmojo & 1 dari Wonosari

Ilustrasi - Freepik
07 Juni 2020 16:07 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Jumlah kasus positif Covid-19 di Gunungkidul bertambah empat menjadi 43. Empat pasien terbaru tertular penyakit yang disebabkan virus Corona itu dari pemasok ikan asal Desa Bejiharjo, Karangmojo, yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty, mengatakan tiga warga dinyatakan positif setelah hasil tes spesiem keluar pada Sabtu (6/6/2020), sedangkan satu kasusnya berdasarkan hasil swab yang keluar pada Minggu (7/6/2020). “Empat orang ini, tiga berasal dari Karangmojo dan satunya berasal dari Kecamatan Wonosari,” kata Dewi, kemarin.

Menurut dia, Dinas Kesehatan Gunungkidul langsung bergerak melakukan penelusuran terkait kontak dengan pasien positif baru. “Hari ini mulai kami telusuri melakukan kontak dengan siapa saja,” katanya.

Sebelumnya, sedikitnya 250 keluarga di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, melakukan karantina mandiri karena melakukan kontak dengan pedagang ikan yang positif Covid-19.

Kepala Desa Bejiharjo, Yanto, mengatakan di wilayahnya ada dua orang yang dinyatakan positif terjangkiti Covid-19. Akibatnya, sedikitnya 250 keluarga menjalani isolasi mandiri. “Keduanya adalah pedagang ikan Semarang-Kota Jogja. Pada saat Lebaran keduanya pulang sehingga ada kontak dengan masyarakat sehingga harus dikarantina untuk mencegah penularan yang lebih luas,” kata Yanto, Jumat (5/6/2020).

Menurut dia, warga yang kontak dengan pasien positif telah menjalani tes cepat. Hasilnya ada belasan orang yang dinyatakan reaktif Corona. “Selain isolasi mandiri, ada juga warga yang dikarantina di Wisma Wanagama,” ungkapnya.

Yanto mengakui pemerintah desa sudah mengalokasikan pemenuhan kebutuhan sehari-hari bagi warga yang menjalani karantina mandiri. “Yang diiisolasi tidak hanya warga, tapi ternak yang dimiliki juga disertakan,” imbuhnya.

Dia mengharapkan tidak ada warga yang positif Covid-19 setelah tes swab. “Mudah-mudahan aman dan tidak bertambah kasusnya,” kata Yanto.

Di sisi lain, Minggu (7/7/2020) ini, tiga pasien Covid-19 sembuh sehingga sudah 35 orang bebas dari virus Corona. Tiga pasien yang sembuh berasal dari Kecamatan Nglipar, Semanu, dan Karangmojo. “Pasien positif meninggal dunia ada satu kasus dan hingga saat ini masih ada tujuh pasien positif yang dirawat di rumah sakit,” ujar Dewi Irawaty.