3 Pekan Lebih Tak Ada Tambahan Pasien, Kasus Positif Covid-19 di Kulonprogo Kembali Muncul

Ilustrasi - Antara/Ahmad Subaidi
07 Juni 2020 15:07 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Setelah tiga pekan tidak ada penambahan kasus baru positif Covid-19, pasien Covid-19 di Kulonprogo kembali muncul. Pria 33 tahun asal Kecamatan Temon dinyatakan positif terjangkit Covid-19 setelah pulang dari Tangerang.

“Kulonprogo tambah satu pasien status KP-11, pria, 33, asal Temon, pemudik dari Tangerang,” ujar Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19 Dinas Kesehatan Kulonprogo, Baning Rahayu Jati, kepada awak media, Minggu (7/6/2020).

Baning megatakan pasien itu mulai dirawat di RSUD Wates per Jumat (5/6/2020) kemarin. Sebelumnya pasien ini sempat menjalani karantina karena dinyatakan reaktif Covid-19 berdasarkan rapid test sesaat setelah pulang di Kulonprogo. Belakangan, dia diketahui positif Covid-19 seusai menjalani tes swab beberapa waktu lalu.

Juru bicara RSUD Wates untuk Penanganan Covid-19, Albertus Sunuwata Triprasetya, mengatakan pasien itu sudah masuk ruang isolasi RSUD Wates pada Jumat sekitar pukul 11.45 WIB dalam kondisi stabil. "Ya kami konfirmasi per Jumat kemarin ada satu lagi pasien positif yang dirawat di RSUD Wates," ujarnya.

Adanya KP-11, membuat kasus positif Covid-19 di Kulonprogo yang sebelumnya berjumlah 10 pasien dan sempat dinyatakan kosong kini kembali bertambah. Sekarang jumlah akumulasi pasien terkonfirmasi positif sebanyak 11 orang, dengan rincian 10 sudah sembuh dan satu orang, yakni pria Temon yang diidentifikasi sebagai Kasus KP-11 dalam perawatan.

Sebelumnya, Kulonprogo kali terakhir melaporkan kasus baru Corona pada 15 Mei 2020 atau labih dari tiga pekan lalu. Pada Jumat dua hari lalu, Dinas Kesehatan Kulonprogo bahkan menyatakan tidak ada pasien Covid-19 di kabupaten tersebut.