Bakul Ikan Positif Corona Asal Gunungkidul Sempat Berkunjung ke Pasar Beringharjo & Demangan

Ilustrasi. - Freepik
08 Juni 2020 17:17 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, melakukan Rapid Diagnostic Test (RDT) kepada pedagang ikan di dua pasar tradisional Kota Jogja.

Sebelumnya RDT terlebih dahulu dilakukan kepada seluruh pedagang ikan Pasar Kranggan. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Jogja, Yunianto Dwi Sutono mengatakan RDT kembali menyasar pedagang ikan, setelah hasil tracing dari pemasok ikan yang positif asal Gunungkidul diketahui sempat berkunjung di Pasar Demangan dan Pasar Beringharjo.

Yunianto menegaskan Pasar Demangan dan Pasar Beringharjo sempat dikunjungi oleh pemasok ikan asal Gunungkidul. "Seluruh pedagang pedagang ikan dua pasar tersebut selanjutnya menjalani RDT di Puskesmas pada Senin (8/6/2020)," ujar Yunianto dihubungi via telepon.

Agar tak kecolongan lagi, Yunianto mewajibkan pemasok ikan yang menyupali ikan di Jogja mengantongi surat izin sehat dari daerah asal. Menurut Yunianto pemasok ikan di Kota Jogja kebanyakan dari luar kota seperti Semarang dan daerah Jawa Timur. "Sekarang wajib membawa surat sehat meski pemasoknya ya itu-itu saja," ujarnya.

Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi menjelaskan RDT telah dilakukan kepada seluruh pedagang ikan di Pasar Kranggan. Dari 39 pedagang ikan yang menjalani RDT, satu orang pedagang asal Sleman dinyatakan reaktif. Namun hasil swab menunjukkan pedagang yang bersangkutan negatif Covid-19.

Para pedagang ikan Pasar Kranggan yang sebelumnya dinyatakan non-reaktif pada RDT pertama akan menjalani RDT kedua minggu ini. "Masih menunggu jeda waktu tujuh hari dari RDT pertama, maka pedagang ikan Pasar Kranggan akan menjalani RDT kembali," ujarnya.