Masih Pandemi, Lomba Perpustakaan Tingkat SMA di DIY Kembali Digelar

Perpustakaan di DIY - Ilustrasi
10 Juni 2020 01:27 WIB Hafit Yudi Suprobo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJADinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY kembali menggelar lomba perpustakaan sekolah tingkat SLTA se-DIY tahun 2020. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mekanisme seperti tahun sebelumnya, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Mekanisme pelaksanan lomba meliputi penilaian administrasi, penilaian presentasi dan penilaian visitasi.

Humas SMKN 2 Yogyakarta Sumadi, mengatakan jika lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA Tingkat DIY tahun 2020, diikuti oleh 10 perpustakaan sekolah di wilayah DIY. Salah satu pesertanya adalah Perpustakaan “Prinses Juliana School” (PJS Library) SMKN 2 Yogyakarta.

"Tahapan awal penilaian dilaksanakan dengan melakukan penilaian administrasi dan presentasi pada tanggal 3 Juni 2020 di gedung Grhatama Pustaka Yogyakarta. Penilaian administrasi dilakukan oleh tim Juri dengan memeriksa instrumen lomba berikut bukti fisiknya," ujar Sumadi, Selasa (9/6/2020).

Presentasi profil dan kegiatan perpustakaan, lanjut Sumadi, dilakukan oleh kepala perpustakaan sekolah di hadapan tim juri untuk memberi gambaran singkat tentang kondisi perpustakaan.

"Hasil dari penilaian administrasi dan presentasi yaitu terpilihnya lima perpustakaan yang akan mengikuti tahapan selanjutnya yaitu Penilaian Visitasi. Perpustakaan “Prinses Juliana School” SMKN 2 Yogyakarta masuk dalam lima besar perpustakaan yang akan di visitasi," terang Sumadi.

Lebih lanjut, penilaian visitasi perpustakaan “Prinses Juliana School” SMKN 2 dilaksanakan pada Selasa, 9 Juni 2020. Penilaian visitasi dilakukan oleh Tim Juri untuk mendapatkan gambaran seutuhnya tentang kondisi perpustakaan sekolah.

"Penilaian Visitasi juga dilakukan untuk melakukan klarifikasi, verivikasi dan validasi data serta informasi yang sudah disampaikan melalui pengisian instrument dan presentasi," imbuhnya.

Hasil dari penilaian visitasi yaitu terpilihnya juara 1 s.d. Juara Harapan 3 Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA Tingkat DIY Tahun 2020. Peraih juara 1 akan mewakili DIY dalam ajang lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA Tingkat Nasional.

Saat ini, kata Sumadi, perpustakaan “Prinses Juliana School” SMKN 2 Yogyakarta yang menempati area satu gedung dengan 3 lantai, memiliki hampir 9.000 judul koleksi buku dan 4.021 e-book. "Dengan upaya persiapan yang maksimal seluruh warga SMKN 2 Yogyakarta berharap meraih hasil yang terbaik dan bisa mewakili DIY dalam kancah nasional," tutupnya.