Advertisement

Ratusan Orang Rapid Tests di Malioboro dan Alun-Alun Utara, Ini Hasilnya

Catur Dwi Janati
Minggu, 14 Juni 2020 - 22:57 WIB
Bhekti Suryani
Ratusan Orang Rapid Tests di Malioboro dan Alun-Alun Utara, Ini Hasilnya Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Rapid Diagnostic Test (RDT) gratis yang digelar Polda DIY di Tugu, Malioboro, dan Alun-alun Utara pada Minggu (14/6/2020) ludes dalam waktu singkat. Total 150 RDT yang dibagi ke dalam tiga lokasi terpakai dalam kurun waktu dua jam.

Kabid Dokkes Polda DIY, Kombes Pol. Is Sarifin menerangkan adapun masing-masing lokasi (Tugu, Malioboro dan Alun-alun Utara) disediakan 50 RDT. Sarifin mengatakan RDT di tempat-tempat umum ini diperuntukkan kepada masyarakat umum tanpa dipungut biaya. "Kami mengapresiasi kepedulian masyarakat terhadap kesehatan, dilihat dari antusias masyarakat yang secara spontan mengikuti tes pagi ini terbilang banyak," jelasnya.

Advertisement

Dijelaskan Sarifin hasil pemeriksaan RDT dapat langsung diketahui masyarakat dalam waktu 5 sampai 10 menit. Dia menambahkan bila dari RDT ada warga yang hasilnya reaktif, maka langkah selanjutnya akan dilakukan pemerintah Polymerase Chain Reaction (PCR). Kemudian jika hasil PCR positif maka akan dirujuk ke rumah sakit untuk dilakukan perawatan. "Dari 153 orang yang diperiksa melalaikan RDT, seluruhnya menunjukkan hasil non-reaktif," jelasnya.

Salah satu warga yang ikut dalam RDT gratis tersebut adalah Sutarti. Perempuan yang sehari-hari berjualan pernak-pernik kerajinan di sekitar Malioboro tersebut mengaku senang atas diadakannya RDT gratis ini. "Bagus, pelayanannya juga baik, soalnya kalau tes pakai biaya sendiri enggak mampu," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement