PKS Merapat, Ini Sejumlah Partai yang Mendukung Suharsono-Totok di Pilkada Bantul

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
14 Juni 2020 20:57 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akhirnya mengarahkan dukungannya kepada pasangan Suharsono dan Totok Sudarto sebagai calon bupati dan wakil bupati Bantul dalam Pilkada Bantul 2020 ini.

“Pasangan Harsono dan Totok sementara yang diusulkan. Bagaimana tindaklanjutnya DPP nanti yang menetukan. DPP yang berhak menentukan dengan beberapa aspek,” kata Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Bantul, Agung Laksmono, saat dihubungi Minggu (14/6/2020).

Agung mengatakan dua nama yang diusulkan untuk didukung itu muncul setelah melalui proses komunikasi yang intens PKS dengan kedua sosok tersebut dan juga partai pengusung. Komunikasi terakhir yang dilakukan PKS dengan Suharsono-Totok dilakukan di kediaman Suharsono, Senin malam, pekan lalu.

Selain PKS yang diwakili Agung Laksmono, pertemuan juga dihadiri ketua DPD Golkar Bantul Paidi, Ketua DPC Nasdem Bibit Rustamta, dan Sekretaris DPC Gerindra Darwinto. Pertemuan itu berlangsung sejak sekitar pukul 20.00 hingga tengah malam.

Agung mengataan komunikasi politik sebenarnya dilakukan dengan sejumlah partai dan dua pasangan calon yang sudah muncul, termasuk pasangan bakal calon Abdul Halim Muslih dan Joko Purnomo yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Sepertinya komunikasi kami dengan pasangan sebelah [Abdul Halim Muslih-Joko Purnomo] saat ini tidak berlanjut. Dengan pertimbangan itu yang disuulkan ke DPP pak Suharsono dan Totok,” ujar Agung.

Ia menegaskan nama Suharsono-Totok baru diusulkan ke DPP dan DPP nantinya punya pertimbangan lain sebelum menjatuhkan rekomendasi di antaranya komitmen bakal calon menjalankan roda pemerintahan untuk mensejahterakan masyarakat. Selain itu juga ada kontribusi PKS sesuai visi misi PKS.

PKS juga masih mempertimbangan elektabilitas pasangan calon yang diusulkan untuk direkomendasikan tersebut. Pihaknya masih mempertimbangkan tingkat kepuasan masyarakat Bantul selama kepemimpinan Suharsono selama ini. Kendati demikian, ia memprediksi keputusan DPP akan keluar dalam pekan ini.

Selain PKS, Golkar juga sudah memberikan lampu hijau untuk mendukung Suharsono-Totok. Rekomendasi DPP Golkar untuk dua nama tersebut sduah keluar, meski diakui pengurus DPD Golkar Bantul sifatnya masih sementara. “Itu bentuknya baru surat tugas [untuk Totok Sudarto] untuk mencari pasangan. Rekomendasi resminya nanti pertengahan Juli,” kata Ketua DPD Golkar Bantul, Paidi.

Sebelumnya, Gerindra dan Nasdem sudah lebih dulu memberikan dukungan untuk Suharsono dan Totok.