Advertisement

Gandeng Seniman, Diskominfo DIY Tingkatkan Pencegahan Covid-19

Hafit Yudi Suprobo
Senin, 15 Juni 2020 - 09:02 WIB
Galih Eko Kurniawan
Gandeng Seniman, Diskominfo DIY Tingkatkan Pencegahan Covid-19 Pembuatan konten video Dinas Komunikasi dan Informatika DIY yang salah satu aktornya diperankan Susilo Nugroho alias Den Baguse Ngarso, Minggu (14/6/2020).- Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Guna memberikan informasi maupun edukasi kepada masyarakat mengenai protokol pencegahan penularan Covid-19, Dinas Komunikasi dan Informatika DIY menggandeng seniman maupun influencer untuk menarik perhatian dari masyarakat melihat konten hasil besutan Diskominfo DIY.

Kepala Diskominfo DIY Rony Primanto Hari menjelaskan upaya membuat konten yang bersifat edukatif dengan menggandeng sejumlah seniman dan influencer lebih mendapatkan perhatian dari masyarakat ketimbang konten yang cenderung serius.

Advertisement

Salah satu seniman yang digandeng yakni Susilo Nugroho alias Den Baguse Ngarso. “Kami [Diskominfo] membuat berbagai macam konten dengan berbagai elmen. Tetapi, yang lebih penting jika tidak ada keperluan mendesak, sebenarnya di rumah saja. Itu selalu digaungkan,” ujarnya, Minggu (14/6/2020).

Konten mengenai protokol pencegahan penularan Covid-19 yang dibuat Diskominfo bisa dilihat melalui akun Instagram maupun YouTube. Konten yang dibuat dengan adanya kehadiran seniman maupun influencer dinilai punya peran signifikan dalam memberikan informasi kepada masyarakat mengenai protokol pencegahan penularan Covid-19.

Konten konten berupa teks video dan infografis terus diproduksi Diskominfo DIY. Baliho juga dibuat untuk memberikan informasi kepada masyarakat agar masyarakat di DIY melek terhadap ancaman Covid-19 dan mengambil sikap di tengah pandemi Covid-19.

Ketika Diskominfo membuat konten Sri Sultan HB X yang ingin masyarakat meningkatkan kedisiplinan protokol pencegahan penularan Covid-1, masyarakat ikut memviralkan imbauan tersebut. Hampir semua akun akun media sosial di Jogja menunggah konten yang dibuat Diskominfo.

Salah satu warga Jogja, Tri, 57, warga Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis mengapresiasi baliho-baliho yang terpampang di sejumlah titik di wilayah mengenai protokol pencegahan penularan Covid-19.

Namun, konten video YouTube Diskominfo DIY lebih menarik atensinya. “Apalagi melihat Den Baguse Ngarso yang bertindak sebagai Pak RT dan memberikan pesan untuk mematuhi protokol pencegahan penularan Covid-19. Saya lebih tertarik melihat itu,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement