Andong di Malioboro Mulai Beroperasi, Kusir Pakai Face Shields

Tuwuh, 60, membenahi tali kekang kuda pada andong milikinya di Jalan Malioboro, Jogja, Selasa (16/06/2020). - Harian Jogja/Desi Suryanto
16 Juni 2020 19:17 WIB Desi Suryanto & Nina Atmasari Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Andong di kawasan Malioboro mulai beroperasi lagi untuk melayani wisatawan setelah selama tiga bulan terakhir mereka tidak beroperasi karena adanya pandemi Covid-19.

Salah satunya adalah Tuwuh, 60. Kusir andong asal Jambidan, Banguntapan, Bantul itu mengaku baru mulai bekerja kembali hari ini, Selasa (16/6/2020) setelah tiga bulan tidak mengemudikan andongnya.

"Penumpang sepi karena ada Corona jadi [ia] tidak jalan," katanya.

Kini adanya wacana new normal membuat Tuwuh dan para kusir andong lain mulai berani beroperasi lagi. Sejumlah kusir telah mulai mangkal lagi sejak awal pekan ini.

Saat mulai jalan kembali ini, para kusir andong diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, di antaranya kusir andong wajib mengenakan masker dan face shields untuk menutupi mukanya.

Menurut Tuwuh, hal itu berdasarkan aturan dari perkumpulan andong wisata. Penerapan protokol kesehatan lebih ketat bagi para kusir andong ini bertujuan untuk memberikan keyakinan kepada warga maupun wisatawan yang akan menggunakan jasa mereka.

Suasana di Jalan Malioboro hari ini masih sepi namun mulai tampak sejumlah wisatawan.