Advertisement

Ini Hasil Rapid Test Acak di Pasar dan Mal di Kota Jogja

Catur Dwi Janati
Rabu, 17 Juni 2020 - 18:37 WIB
Bhekti Suryani
Ini Hasil Rapid Test Acak di Pasar dan Mal di Kota Jogja Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Hasil Rapid Diagnostic Test (RDT) acak pasar tradisional beberapa pekan lalu di Kota Jogja telah diketahui.

Ketua Harian Gugus Tugas Kota Jogja, Heroe Poerwadi menyebutkan dari 161 pedagang yang diambil sampelnya tiga orang dinyatakan reaktif. Satu orang hasil swabnya negatif, sementara satu orang lagi masih menunggu. Satu pedagang lainnya warga Magelang, ditangani pihak Kabupaten yang berwenang.

Advertisement

Selanjutnya dari RDT acak yang dilakukan di mal, terdapat 474 sampel yang diambil. Dari jumlah tersebut, Heroe mengatakan sebanyak empat orang dinyatakan reaktif. "Dari empat tersebut dua orang merupakan warga Kota Jogja dan dua orang lainnya warga Sleman, saat ini masih menunggu hasil Swab," jelasnya.

Sementara itu dari hasil tracing yang dilakukan terhadap kontak erat klaster pemasok ikan. Heroe menerangkan sebanyak 65 pedagang ikan dari tiga pasar yakni, Pasar Kranggan, Pasar Demangan, dan Pasar Beringharjo menjalani RDT. "Hasilnya dua orang dinyatakan reaktif, satu orang merupakan warga Sleman diserahkan ke Sleman, hasil Swabnya belim keluar," jelasnya.

Heroe mengatakan dari satu kasus pekerja proyek warga kota yang dinyatakan positif, setelah dilakukan Tracing diketahui adik dari pasien positif tersebut juga dinyatakan positif menurut Swab. "Pekerja proyek itu orangnya sehat tanpa gejala, tapi setelah melakukan RDT mandiri ternyata reaktif, ketika dites hasilnya positif, tapi kalau dilihat fisiknya tidak kelihatan," jelasnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja, Tri Mardaya menjelaskan adik dari pekerja proyek tersebut juga merupakan pasien Orang Tanpa Gejala (OTG). "Saat ini ada lima OTG yang dirawat di rumah sakit Jogja," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement