HUT Bhayangkara, Polisi Kulonprogo Bersihkan Rumah Ibadah

Sejumlah personel Polres Kulonprogo membersihkan Gereja Katolik Bunda Penasehat Baik Wates, Jumat (19/6/2020). Kegiatan sosial ini menjadi rangkaian HUT ke-74 Bhayangkara. - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
19 Juni 2020 21:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dalam rangkat HUT ke-74 Bhayangkara, aparat Polres Kulonprogo menggelar aksi sosial membersihkan sejumlah rumah ibadah di Kapanewon Wates, Jumat (19/6/2020).

Kegiatan yang diikuti oleh personel Polres dan perwakilan 12 polsek di Kulonprogo itu menyasar tiga tempat ibadah yakni di GKJ Wates, Gereja Katolik Bunda Penasehat Baik Wates, dan Masjid At Taubat, Wates.

Kapolres Kulonprogo, AKBP Tartono, mengatakan kegiatan sosial ini diharapkan mampu mempererat hubungan antara polisi dan umat beragama. Selama ini polisi berperan aktif untuk mengamankan umat dalam menjalankan ibadah, termasuk di masa pandemi Covid-19.

Polri, menurut Tartono, juga mengecek protokol kesehatan di beberapa tempat, mulai dari tempat ibadah, pasar tradisional, sekolah dan tempat kerumunan lainnya. Hal itu butuh kerja sama seluruh masyarakat. "Dalam HUT Bhayangkara kami memilih kegiatan bersih rumah ibadah selain untuk merekatkan tali persaudaraan, juga mengantisipasi penyebaran virus Corona," ujarnya.

Pendeta Martinus yang mengelola peribadatan di GKJ Wates berharap kegiatan tersebut dapat digalakkan agar hubungan antara umat dan polisi semakin kuat.