Serius Maju Pilkada Gunungkidul, Rektor UNY Bergerilya di 500 Lokasi

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa (kiri) bersama Ketua DPD PAN Bantul Mahmud Ardi Widayanto, berfoto bersama untuk maju dalam Pilkada Gunungkidul. - Harian Jogja/David Kurniawan
21 Juni 2020 19:07 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, terus memanaskan mesin politik untuk maju di Pilkada 2020. Selain mengklaim dukungan dari empat partai politik, hingga saat ini dia bergerak untuk memperkenalkan diri ke masyarakat.

“Semua kecamatan sudah saya kunjungi dan untuk titik sudah lebih dari 500 lokasi,” kata Sutrisna kepada wartawan, akhir pekan kemarin.

Menurut dia, kunjungan ke ratusan lokasi ini sebagai upaya mengenalkan diri ke masyarakat. Secara prinsip Sutrisna menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai bakal calon Bupati Gunungkidul di Pilkada 2020.

“Sebagai putra daerah saya ingin ikut berpartisipasi dalam pembangunan melalui sumbangsih pemikiran dan program yang saya miliki,” katanya.

Rektor UNY ini juga mengklaim mendapatkan dukungan dari empat parpol. Selain PAN dan PKS, Gerindra dan Demokrat juga siap mendukung. Disinggung mengenai rekomendasi, ia mengakui belum mendapatkan namun tetap optimistis mendapatkannya. “PAN dan Gerindra sudah, untuk lainnya masih dalam proses. Mudah-mudahan akhir Juni atau awal Juli sudah ada deklarasi bersama untuk mengusung bakal calon,” katanya.

Dia memastikan apabila terpilih sebagai calon kepala daerah maka siap mengundurkan diri sebagai Rektor UNY. Hal ini merupakan kewajiban karena aturan sudah dituangkan dalam Undang-Undang tentang Pilkada. “Begitu ditetapkan sebagai calon, maka saya ikuti aturan main dengan mundur sebagai rektor,” katanya.

Ketua DPD PKS Gunungkidul, Ari Siswanto, mengatakan jajarannya mantap mengusung Sutrisna Wibawa. Menurut dia, proses rekomendasi sudah diajukan dan tinggal menunggu surat keputusan dari DPP. “Kami masih menunggu, tetapi siap untuk mengusung Sutrisna Wibawa,” katanya.