Advertisement

Warganet Pertanyakan Bangunan di Jl. Kaliurang Dekat UGM Ini, Mantan Wali Kota Jogja Herry Zudianto Beri Penjelasan

Nina Atmasari
Senin, 29 Juni 2020 - 19:17 WIB
Nina Atmasari
Warganet Pertanyakan Bangunan di Jl. Kaliurang Dekat UGM Ini, Mantan Wali Kota Jogja Herry Zudianto Beri Penjelasan Sebuah bangunan tinggi yang ada di Jalan Kaliurang dekat kawasan Universitas Gadjah Mada (UGM) dipertanyakan warganet. - Ist/ tangkapan layar twitter

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Sebuah bangunan tinggi yang ada di Jalan Kaliurang dekat kawasan Universitas Gadjah Mada (UGM) dipertanyakan. Bangunan itu sudah mangkrak bertahun-tahun.

Bangunan itu berupa gedung tinggi yang lebih dari lima lantai. Cat bangunan berwarna cream. Desain bangunan mirip pusat perbelanjaan atau kantor. Tidak ada papan nama pada bangunan tersebut. Namun, bangunan tersebut diketahui kosong tidak digunakan.

Advertisement

Rupanya, bangunan yang ada di sisi timur Jalan Kaliurang itu menarik perhatian warganet. Warganet dengan nama akun twitter @an1105jay mengunggah foto bangunan tersebut dan mempertanyakannya.

"min iki bangunan bekas opo to kok kepo aku @JogjaUpdate," tulisnya.

Unggahan itu pun diunggah ulang oleh akun @JogjaUpdate. Rupanya, banyak warganey yang mengaku mengetahui informasi tentang bangunan tersebut. Sejumlah akun memberikan jawaban berdasar pengetahuan mereka. Setidaknya ada 69 komentar tentang unggahan tersebut.

Salah satunya akun @haidrdln12 yang menyebut bangunan tersebut sebagai Mall UGM.

Baca juga: Setelah Pantai, Zaskia Adya Mecca Temukan Hutan Belantara di Kaliurang, Masih Alami Banget!

"Setauku ini mall UGM. Karena ijinnya gak keluar jadinya jadi difungsikan. Kalau kata dosenku ijin usahanya jelas untuk mall, karena itu ijinnya sedikit ribet, semisal itu ijinnya adalah gedung untuk karya mahasiswa (seperti plaza di univ sebelahnya) mungkin ijinnya lebih mudah," tulisnya.

Akun @coach_dhimas menambahkan sebuah komentar dengan mengungkap ada masalah pada pembangunan gedung tersebut. Dalam komentarnya, ia menyebut akun milik mantan Wali Kota Jogja, Herry Zudianto.

"Waktu membangun mereka nekat melanggar garis sempadan bangunan, dikiranya bisa lolos ijin IMB, ternyata tidak bisa, karena Pemerintah Kota Jogja saat itu dipimpin oleh Pak @herry_zudianto."

Rupanya, unggahan ini diketahui oleh Herry Zudianto. Wali Kota Jogja yang menjabat selama 2 periode yaitu 2001-2006 dan 2006-2011 itu pun kemudian memberikan klarifikasi.

Menurutnya, bangunan itu berada di wilayah Kabupaten Sleman. Bangunan itu ada masalah sempadan yang diikuti masalah sengketa hukum. Akibatnya, bangunan tersebut mangkrak sampai sekarang.

"itu sepertinya bangunan ada di komplek kampus UGM (jln kaliurang). Masuk wilayah Kab. SLeman. Ada masalah sempadan dan diikuti ada masalah sengketa hukum, shg smp sekarang mangkrak. Herry Zudianto." tulisnya.

Nah, sudah tidak penasaran lagi kan dengan bangunan ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement