Polres Cek Penerapan Protokol Kesehatan di Fasilitas Umum

Personil Polres Kulonprogo saat melakukan pengecekan di Toserba Sidoagung, Wates, Minggu (28/6/2-2-). - Ist
29 Juni 2020 10:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Polres Kulonprogo mengecek kesiapan sejumlah fasilitas publik dalam mengahadapi tatanan hidup baru atau new normal. Fasilitas umum yang dicek itu meliputi swalayan, perbankan, tempat ibadah dan pasar tradisional.

Pengecekan dilakukan oleh Tim Supervisi Polres Kulonprogo, Minggu (28/6/2020). Petugas memeriksa penerapan protokol kesehatan oleh fasilitas publik, antara lain penyediaan tempat cuci tangan, pengadaan alat pengukur suhu badan, pemberlakuan jaga jarak dan penggunaan masker ataupun face shield. Hal itu tidak hanya berlaku bagi pegawai tapi juga pembeli.

"Berdasarkan evaluasi kami, sebagian besar fasilitas publik ini sudah mematuhi protokol kesehatan," kata AKP Sutarno, selaku Kasat Binmas Polres Kulonprogo saat dihubungi, Senin (29/6/2020).

Sutarno mengatakan bagi pengelola yang dianggap baik dalam penerapan protokol kesehatan, akan diberi reward dari Polres Kulonprogo. Pengharapan itu nantinya diberikan pada puncak peringatan Hari Bhayangkara ke-74 yangn jatuh pada 1 juli mendatang.

Supervisor Toserba Sidoagung, Wates Supiyanto mengatakan tokonya sudah menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah. Setiap pengunjung wajib mencuci tangan dan mengenakan masker.

Sebelum masuk pengunjung akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh. Jika menunjukkan suhu di atas 37 derajat celsius, pengunjung diminta untuk menunggu di ruangan khusus yang telah disediakan pengelola. Merek diminta beristirahat sebentar untuk kemudian diperiksa lagi. Jika suhu sudah turun, diizinkan masuk.

Jumlah kunjungan di toko ini juga dibatasi 100 orang. Di dalam toko dilengkapi tanda jaga jarak. Setiap pengunjung harus berjarak minimal dua meter. Semua karyawan juga diwajibkan mengenakan faceshield dan di bagian kasir dipasang tirai penyekat. "Setiap hari kami melakukan penyemprotan disinfektan sebelum buka dan setelah tutup," ujarnya.