Puluhan Orang Gelar Demonstrasi di Titik Nol Kilometer

Aksi demonstrasi menuntut pencabutan RUU HIP di Titik Nol Kilometer, Malioboro, Kota Jogja, Senin (6/7/2020). - Harian Jogja/Desi Suryanto.
06 Juli 2020 13:37 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Puluhan orang dari sejumlah organisasi masyarakat (ormas) di DIY menggelar aksi demonstrasi di kawasan Titik Nol Kilometer, Kota Jogja, Senin (6/7/2020). Mereka mendesak pencabutan Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang saat ini masih pro dan kontra.

Massa datang ke kawasan Titik Nol Kilometer, kawasan Malioboro sekitar pukul 09.30 WIB. Mereka kemudian berada di tengah jalan dan melakukan orasi menyampaikan aspirasi terkait RUU HIP. Aksi tersebut berlangsung tertib, sementara aparat kepolisian melakukan penertiban lalu lintas.

BACA JUGA : FPI Nyatakan Ingin Perang Jika Pembahasan RUU HIP

Koordinator Aksi Suhud menjelaskan aksi di lapangan sebagai tindak lanjut dari sebelumnya telah melakukan beberapa kegiatan diskusi dan konsolidasi, termasuk menyampaikan langsung aspirasi itu ke legislatif. “Saat ini kami turun ke lapangan untuk menyampaikan aspirasi agar RUU HIP ini dicabut,” katanya, Senin (6/7/2020).

Ia menilai RUU tersebut hanya mengutip pidato Bung Karno 1 Juni. Di mana pidato tersebut tidak sebagai perjanjian luhur. Di sisi lain, pancasila sudah final dan tidak dapat diganggu lagi sebagai ideologi Bangsa Indonesia.

“Pemerintah dan masyarakat terkesan diam saja dalam merespons ini, jangan sampai terjadi perpecahan karena RUU tersebut. Kami dari Jogja ingin mengingatkan dan tidak akan diam saja,” ujarnya.

BACA JUGA : FPAN Desak Pembahasan RUU HIP Dihentikan