AKSI SOSIAL: Harian Jogja Bantu Penyandang Disabilitas

Manajer Sirkulasi Wisnu Wardhana (kiri) secara simbolis menyerahkan bantuan sembako kepada Pengasuh Panti Asuhan Bina siwi Bantul, Tri Septi Asih, Senin (6/7/2020). - Ist.
08 Juli 2020 15:27 WIB Sunartono Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Harian Jogja kembali berbagi dengan menyerahkan 30 paket sembako ke Panti Asuhan Bina Siwi, Bantul dan keluarga penyandang disabilitas pada Senin (6/7/2020).

Koordinator corporate social responsibility (CSR) pembagian sembako, Laila Rochmatin mengatakan bantuan ini merupakan donasi dari pembaca setia Harian Jogja. Melalui sembako ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang membutuhkan di tengah pandemo Covid-19.

“Sebelumnya, kami sudah menyerahkan bantuan kepada para buruh yang dilakukan sebelum Ramadan 2020. Lalu kami juga menyerahkan bantuan kepada para penyandang disabilitas dan keluarganya. Kali ini kami membagi sembako kepada warga Panti Asuhan Bina Siwi di Bantul dan keluarga disabilitas lain yang ada di Kota Jogja,” katanya saat menyerahkan bantuan.

Pengasuh Panti Asuhan Bina siwi Bantul, Tri Septi Asih menyampaikan panti asuhan ini berdiri sejak 1989 tetapi yayasan mulai beroperasi sejak 1990.

“Panti asuhan ini berdiri karena kami menjumpai ada anak-anak terlantar di kecamatan ini. Sebagian di antaranya adalah penyandang disabilitas dan ada yang disembunyikan oleh keluarganya. Karena itu, kami berusaha mewadahi mereka. Saat ini ada 38 anak dan sembilan pengasuh yang ada di sini,” ujarnya.

Anak-anak panti asuhan sejak dini, imbuh dia, juga dibekali dengan keterampilan dasar. Dengan harapan mereka tidak bergantung pada orang lain sehingga dapat tetap mandiri. “Anak-anak ada yang membuat bantal dan sarungnya. Kemudian membuat keset dan souvenir lain seperti sandal untuk hotel,” terang dia.