Advertisement

Tak Patuhi Protokol, Pemilik & Pengunjung Warung Makan Ditegur

Ujang Hasanudin
Rabu, 08 Juli 2020 - 23:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Tak Patuhi Protokol, Pemilik & Pengunjung Warung Makan Ditegur Kepala Satpol PP Bantul, Yulius Suharta (dua dari kanan) saat mengimbau karyawan salah satu warung makan di selatan Pasar Bantul untuk menerapkan protokol kesehatan, Rabu (8/7/2020). - Istimewa/Dokumen Satpol PP Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bantul menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah ruang publik untuk melihat kepatuhan masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penularan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Rabu (8/7). Hasilnya, petugas menemukan dan menegur sejumlah pengunjung yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Advertisement

Kepala Satpol PP Bantul, Yulius Suharta, mengatakan sidak dilakukan di tiga lokasi yakni Pasar Bantul, Pasar Klitikan, dan sejumlah warung makan yang ada di Kota Bantul. Hasilnya, sebagian besar pedagang dan pengunjung pasar sudah menerapkan protokol kesehatan standar minimal seperti menjaga jarak dan mengenakan masker.

Tetapi saat mengunjungi warung makan, petugas menemukan adanya kerumunan di salah satu warung makan di selatan Pasar Bantul. Warung makan tongseng ayam tersebut belum sepenuhnya menerapkan protokol kesehatan. Melalui pengeras suara petugas mengimbau pengunjung untuk menjaga jarak. Petugas juga masuk ke dapur warung makan tersebut untuk menekankan protokol kesehatan. “Kami meminta protokol kesehatan diterapkan, tidak hanya ke pemilik tetapi juga pengunjung,” kata Yulius.

Yulius mengakui jajarannya hanya sebatas menegur dan belum memberikan sanksi karena belum ada payung hukum. Payung hukum berupa rancangan peraturan bupati (Perbup) saat ini masih disiapkan dan nantinya mengatur aktivitas masyarakat dalam tatanan kehidupan baru atau new normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement