Sleman Zona Kuning

Ilustrasi. - Freepik
08 Juli 2020 06:07 WIB Lajeng Padmaratri Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah pada Selasa (7/7/2020) sore melalui Youtube BNPB memaparkan status dan jumlah daerah dari 514 kabupaten/kota di Indonesia. Di DIY, Kabupaten Sleman disebut mengalami penurunan status dari risiko sedang menjadi risiko rendah. Kondisi tersebut berarti Sleman menjadi berstatus zona kuning.

Dikonfirmasi soal ini, Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Joko Hastaryo menuturkan bahwa menurutnya status Kabupaten Sleman berkaitan dengan Covid-19 sudah zona kuning sejak bulan Juni. "Sejak awal Juni, Sleman sudah kuning atau risiko rendah dan belum naik lagi ke oranye," kata dia pada Selasa malam.

Ia menyebutkan sejumlah indikator kesehatan masyarakat menuju masyarakat produktif aman Covid-19, seperti penurunan jumlah kasus positif selama dua minggu terakhir dari puncak, hingga parameter jumlah tempat tidur di RS rujukan, menunjukkan bahwa Sleman sudah termasuk zona kuning.

"Dengan 14 parameter pada indikator dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 itu, Sleman skornya 2,5815 sehingga masuk kategori risiko rendah atau zona kuning," kata dia.