Bhayangkari Brimob Bantu Difabel dan Warga Miskin

Salah satu Bhayangkari Batalyon B Sentolo Satuan Brimob Polda saat berkomunikasi dengan salah satu penyandang disabilitas. - Ist/Brimob Polda DIY.
09 Juli 2020 09:47 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Bhayangkari Batalyon B Satuan Brimob Polda DIY membantu para penyandang disabilitas dan warga miskin di Dusun Banyunganti, Kaliagung, Sentolo, Kulonprogo, Rabu (8//7/2020). Dusun sasaran ini sebagian besar warganya masuk dalam kategori miskin dan banyak penyandang disabilitas.

Ketua Bhayangkari Batalyon B Sentolo Satuan Brimob Polda DIY Retno Sudianti menjelaskan kegiatan itu digelar sebagai rangkaian HUT Bhayangkara ke-74 yang jatuh pada 1 Juli lalu. Pihaknya memilih Dusun Banyunganti karena sebelumnya telah melakukan survei, di mana dari 86 kepala keluarga nyaris 90% warganya masuk dalam kategori miskin. Mereka diberikan bantuan berupa sembako dan uang tunai.

“Selain itu ada juga warga di dusun yang sebagai penyandang disabilitas, sehingga kami sepakat untuk memberikan bantuan melalui bakti sosial. Kegiatan ini akan terus kami gelar dengan menyasar warga miskin di berbagai wilayah di DIY pada pekan-pekan berikutnya. Kita tidak tahu pandemi ini akan terjadi sampai kapan,” ungkapnya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (9/7/2020).

Ia menambahkan selain memberikan bantuan, dalam kesempatan itu juga dilakukan sosialisasi terhadap pencegahan penyebaran Covid-19 terutama di era new normal saat ini. Sosialisasi itu menghadirkan narasumber dari BPBD Kulonprogo.

“Di sela-sela kegiatan dan sosialisasi diikuti anggota Bhayangkari, kaitannya dengan bagaimana menjalani kegiatan di saat memasuki kebiasaan baru,” katanya.

Komandan Satuan Brimob Polda DIY Kombes Pol Imam Suhadi mengapresiasi kegiatan tersebut. Di saat pandemi corona ini pihaknya terus menggelar operasi kemanusian di berbagai wilayah DIY, mulai dari pencegahan penyebaran virus corona dengan menyemprot disinfektan hingga pembagian sembako untuk warga terdampak corona.

“Sesuai arahan pimpinan, bahwa Polri berkomitmen untuk membantu menangani pandemi ini, sehingga operasi yang kami gelar diarahkan pada kegiatan sosial,” katanya.