61 Peserta Ikut Seleksi Psikologi Taruna Akpol di Jogja, 6 di Antaranya Perempuan

Peserta mengikuti seleksi Psikologi Penerimaan Taruna Akademi Kepolisian T.A. 2020 Panitia Daerah Polda DIY, Kamis (9/7/2020). - Ist/instagram Polda DIY
09 Juli 2020 20:07 WIB Nina Atmasari Bantul Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Sebanyak 61 orang yang terdiri dari enam perempuan dan 55 pria mengikuti seleksi Psikologi Penerimaan Taruna Akademi Kepolisian T.A. 2020 Panitia Daerah Polda DIY, Kamis (9/7/2020).

Tes yang digelar di Amarta Auditorium Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo (Stipram), Jalan Lingkar Timur, Banguntapan Bantul, tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid 19.

Baca juga: Kocak, Warganet Ungkap Ini yang Bakal Terjadi Kalau Menghilangkan Tupperware Emak

Penerapan protokol kesehatan dilakukans sejak sebelum masuk ruang ujian. Peserta lebih dahulu dicek suhu tubuh oleh petugas dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda DIY. Peserta juga wajib mengenakan pakaian lengan panjang dan harus cuci tangan sebelum masuk ruangan. Dalam pelaksanaan ujian, peserta juga diatur jarak tempat duduknya dengan peserta yang lain.

Rangkaian seleksi psikologi ini digelar seusai para peserta dinyatakan lolos pada seleksi sebelumnya yaitu pemeriksaan kesehatan tahap pertama yang digelar Senin (6/7/2020). Tahapan seleksi tes psikologi ini berlangsung selama dua hari hingga besok, Jumat (10/7/2020).

Baca juga: Ini Deretan Film yang Dibintangi Nicholas Saputra

Dalam informasi yang disiarkan melalui instagram @poldajogja, disebutkan pada hari kedua seleksi Psikologi Akademi Kepolisian tingkat daerah ini, hasil lembar jawaban yang dikerjakan oleh para peserta akan dilakukan scanner. Hasilnya akan langsung diketahui siapa saja peserta yang berhak mengikuti seleksi selanjutnya atau gugur.

Dalam rangkaian tes Psikologi ini, peserta diawasi oleh pengawas dari internal Polri dan eksternal. Pengawas internal yakni dari Inspektorat Pengawasan Daerah Polda (Itwasda) DIY dan Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Mabes Polri AKBP Donny Adi Pradana.

Adapun pengawas dari pihak luar/eksternal yaitu Praktisi IT Universitas Islam Indonesia (UII) Donny Pradana, dan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Yogyakarta C. Siswa Widyatmoko, Psikolog.