Advertisement

Dibuka Setelah Tutup karena Pandemi, Tiket ke Candi Langsung Ludes

Lugas Subarkah
Senin, 13 Juli 2020 - 16:37 WIB
Bhekti Suryani
Dibuka Setelah Tutup karena Pandemi, Tiket ke Candi Langsung Ludes Wisatawan di Candi Prambanan. - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Taman Wisata Candi (TWC) sudah mulai membuka kembali sejumlah candi dengan memberlakukan konsep uji coba pada Candi Prambanan dan Borobudur dengan membatasi jumlah pengunjung sebanyak 1.500 per hari. Pada akhir pekan, pengunjung yang ingin masuk lebih dari kuota itu.

Direktur Utama TWC, Edy Setijono, menjelaskan Candi Borobudur sudah mulai dibuka untuk uji coba mulai 25 Juni lalu, sementara Candi Prambanan mulai 1 Juni. “Tahapannya masih uji coba, kuota untuk masing-masing sebanyak 1.500 pengunjung per hari,” ujarnya, Senin (13/7/2020).

Advertisement

Kuota ini kata dia, belum mencapai setengah dari kapasitas pada kondisi normal yakni sebanyak 11.000. Adapun kuota yang diizinkan untuk pembukaan destinasi wisata yakni sebesar 50%. Namun pihaknya masih hati-hati membuka candi sehingga penambahan kuota akan bertahap.

Ia menuturkan uji coba tahap pertama berlangsung selama dua minggu. Setelah itu, kuota pengunjung akan ditambahi menjadi 3.000 pada tahap kedua hingga 5.000 pada tahap setelahnya. “Bertahap supaya betul-betul bisa kontrol protokol kesehatannya,” ungkapnya.

Protokol yang diterapkan TWC sebenarnya sudah mengakomodir untuk kuota 50% pengunjung sehingga pada tahap selanjutnya nanti protokol yang digunakan akan tetap sama, dengan bebrapa evaluasi berdasarkan pelaksanaan tahap sebelumnya.

Sesuai dengan imbauan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, pengelola candi juga mencatat setiap data pengunjung berupa nama, alamat asal dan nomor kontak. Pengunjung kata dia, dalam beberapa waktu terakhir sudah mulai banyak bahkan melebihi kuota.

Banyaknya pengunjung terjadi pada akhir pekan, bisa lebih dari 1.500 orang. Namun pihaknya tetap membatasi kuota ini sehingga setelah terpenuhi, loket ditutup. Sementara pengunjung yang sudah masuk bisa tetap berada di dalam Kawasan candi hingga pukul 16.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Desak Israel Berhenti Menyerang Rafah, China: Itu Kejahatan Kemanusian

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement