13 Anggota DPRD Bantul Absen Rapid Test Covid-19 Massal

Ketua DPRD Bantul Hanung Raharjo saat menjalani tes cepat massal di lobi DPRD Bantul, Senin (13/7/2020). - Harian Jogja/Jumali
13 Juli 2020 19:07 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Sebanyak 13 anggota DPRD Bantul absen dalam tes cepat (rapid test) Covid-13 massal yang digelar di lobi gedung dewan, Senin (13/7/2020).

Beberapa dari mereka beralasan telah menjalani tes cepat massal secara mandiri.

Ketua DPRD Bantul Hanung Raharjo mengatakan dari total 45 anggota DPRD, hanya 32 anggota yang mengikuti tes cepat massal.

“Sejatinya tes ini sudah diumumkan dari kemarin. Beberapa yang tidak hadir karena sudah menjalani tes cepat massal secara mandiri,” katanya, Senin (13/7).

Ia menambahkan, tes cepat massal kali ini adalah kali pertama digelar di gedung DPRD. Selain sebagai upaya mencegah perkembangan Covid-19, tes dilakukan untuk menambah motivasi kinerja anggota dewan.

“Biar mereka tidak khawatir. Karena selama ini, kami banyak bertemu dengan masyarakat,” terang Hanung.

Tes cepat massal ini digelar lantaran baru saja seluruh anggota DPRD melakukan perjalanan dari Cilacap Jawa Tengah, pekan lalu. Kemudian, pada 15 -17 Juli mendatang, anggota DPRD Bantul akan melakukan kunjungan kerja ke Kota Madiun dan Pacitan, Jawa Timur.

"Untuk yang ke Kota Madiun adalah Pansus [panitia khusus] Perda tentang Pasar Modern dan Pansus Badan Permusyawaraha Kalurahan. Sedangkan untuk yang ke Pacitan adalah Pansus Perda Produk Hukum Daerah,” kata Kabag Legislasi Setwan DPRD Bantul Reni Mariastuti, terpisah.