Resmi Diputuskan! Ini Tiga Calon Bupati Sleman, Bantul dan Gunungkidul yang Diusung PDIP

Bambang Wisnu Handoyo dan Binyamin Sudarmadi saat ditemui wartawan usai rapat virtual PDI Perjuangan, Jumat (17/7/2020).-Harian Jogja - Lugas Subarkah
17 Juli 2020 18:57 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Siapa calon bupati dan calon wakil bupati yang diusung PDIP di Pilkada Sleman, Bantul dan Gunungkidul tahun ini sudah diketahui namanya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan DIY, Nuryadi, mengatakan berdasarkan hasil rapat virtual dengan DPP PDI Perjuangan, pihaknya telah mendapat rekomendasi calon kepala daerah untuk Sleman Kustini Sri Purnomo dan Danang Maharsa. Sedangkan untuk Gunungkidul yakni BWH dan Binyamin Sudarmadi.

Adapun pada rekomendasi sebelumnya, untuk Bantul pihaknya mendapat rekomendasi Halim Muslih dan Joko Purnomo. Ia mengatakan pihaknya punya pengalaman Pilkada dengan hasil yang tidak baik. Pilkada kali ini pihaknya akan mencoba metode baru.

Metode baru ini kata dia, pernah dipakai untuk mengusung Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah. Selain itu metode ini juga pernah diuji di Jakarta untuk mengusung Joko Widodo melawan Fauzi Bowo. “Setelah itu kita coba untuk mendongkrak suara kursi di DPRD Kabupaten Kota Provinsi dan Pusat di Jawa Tengah,” ungkapnya, Jumat (17/7/2020).

Pemilihan calon-calon Kepala Daerah ini dari beberapa elemen, Joko dan Danang dari kader partainya sendiri, Binyamin dari pengusaha, BWH dari birokrasi dan Kustini dari aktivis perempuan. “Pendaftaran terbuka, bisa dari DPC, DPD dan DPP,” katanya.

Ia menyebutkan pada Pilkada sebelumnya gagal karena tidak kompak, dimana suara PDI Perjuangan tidak bisa menyatu. Pada Pilkada kali ini, ia lebih memonitor kadernya sebagai salah satu strategi sehingga optimis akan menang di tiga kabupaten tersebut.

Ia menegaskan partainya terbuka menerima dukungan dari partai lainnya. “Siapa yang mau mendukung silakan kami terbuka. Tidak ada kriteria khusus, parpol di Indonesia semuanya baik tidak ada yang jelek,” ujarnya.