Cari Calon Bupati Sleman, Gerindra Tes Sri Muslimatun Hingga Reno Candra Sangaji

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
19 Juli 2020 22:17 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Usai PDIP merekomendasikan pasangan calon bupati, Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa manu pada Pilkada Sleman, partai-partai mulai meningkatkan konsolidasi. Termasuk menyelesaikan tahapan penjaringan calon kepala daerah (Cakada).

Ketua DPC Partai Gerindra Sleman Soekaptono mengatakan partai Gerindra menggelar fit and proper test bagi cabup yang mendaftar dan menyerahkan berkas. Dari tujuh calon bupati yang mendaftar, lima kandidat sudah mengikuti fit and proper test. Mereka Amin Purnomo, akademisi Najib Gysimar, Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun dan Kepala Desa Condongcatur Reno Candra Sangaji.

Selain itu, kandidat yang sudah mendapat rekomendasi dari PDI Perjuangan Kustini Sri Purnomo alias istri Bupati Sleman juga ikut dalam fit and proper test Partai Gerindra. "Kami melakukan fit and proper test bagi calon yang sudah menyerahkan berkas. Kami baru gelar di masa new normal karena kemarin terbentur pandemi Covid-19," kata Soekaptono di sela-sela kegiatan, Minggu (19/7/2020).

Menurutnya, seluruh kandidat yang mengikuti fit and proper test tersebut potensial untuk menjadi calon yang diusung Gerindra. Hanya saja keputusan terakhir tetap berada di tangan DPP (pusat). "Semua kandidat ini ada nilainya, diskor. Hasilnya akan kami serahkan ke DPD untuk dilanjutkan ke DPP," katanya.

Dijelaskan Soekaptono, Partai Gerindra tidak bisa mengusung calon sendiri karena hanya memiliki enam kursi di DPRD Sleman. Pihaknya terbuka untuk berkoalisi dengan siapapun dan partai manapun untuk mengusung kandidat tertentu. "Komunikasi terus kami lakukan dengan semua partai. Tapi masih belum ada yang klik. Kondisi saat ini masih dinamis dan kami masih terus lakukan komunikasi dengan partai lainnya," terangnya.