Kapasitas Kamar Isolasi untuk Pasien Covid-19 di DIY Masih Longgar

Foto ilustrasi. - Reuters
20 Juli 2020 19:37 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Wakil Ketua Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, Biwara Yuswantana, menuturkan saat ini pihaknya tengah mengajukan lagi pengadaan 23.500 PCR. Adapun sampai sekarang total rapid test yang sudah dilakukan yakni sebanyak 43.573 orang, dengan hasil 1.604 reaktif dan 41.698 non reaktif.

Untuk ketersediaan kamar isolasi, ia memastikan saat ini masih ada cukup banyak. Dari 27 rumah sakit rujukan, kamar kritikal ada 29 unit dan baru dipakai satu unit. Sementara kamar non kritikal total ada 321 unit dan baru dipakai 136 unit.

Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, mengatakan dengan masih meningkatnya penambahan kasus positif, semua pihak harus semakin ketat menerapkan protokol Kesehatan. Di samping itu, ia juga meminta Gugus Tugas Penanganan Covid-19 agar mempersiapkan fasilitas dan tenaga Kesehatan untuk memberi penanganan optimal.

BACA JUGA: Identitas Nenek Viral Jualan Salak karena Dipaksa Anak Terungkap! Ternyata Warga Gamping

“Anggaran untuk penanganan Kesehatan harus diprioritaskan dalam belanja tidak terduga APBD. Jangan sampai kurang, termasuk di situ harus ada anggaran untuk peningkatan daya tahan tenaga Kesehatan. Jangan sampai kekurangan APD dan alat Kesehatan lain,” tuturnya, Senin (20/7/2020).