Advertisement

Empat Objek Wisata di Mangunan Dibuka, Jam Buka Berubah

Ujang Hasanudin
Selasa, 21 Juli 2020 - 16:57 WIB
Bhekti Suryani
Empat Objek Wisata di Mangunan Dibuka, Jam Buka Berubah Wisatawan menikmati keindahan Songgo Langit, Mangunan, Bantul, Kamis (6/6/2019).- Harian Jogja - Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Sebanyak empat destinasi wisata di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul dan sekitarnya mulai melakukan uji coba pembukaan pada Rabu (22/7/2020) setelah hampir empat bulan tutup karena pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Selama libur, pengelola ternyata melakukan pembenahan dan menyiapkan berbagai kejutan untuk wisatawan.

Ketua Kopersi Notowono, Purwo Harsono mengatakan keempat destinawi wisata yang mulai buka per Rabu (22/7/2020) tersebut adalah Puncak Becici, Pengger, Pinus Sari, dan Seribu Batu. Koperasi Notowono adalah wadah pengelola sejumlah objek wisata wilayah Mangunan dan sekitarnya.

Advertisement

Purwo mengatakan keempat wisata yang dibuka itu merupakan destinasi yang paling siap melakukan adaptasi kebiasaan baru di masa new normal ini. Sebab, kata dia, wisata di masa pandemi ini perlu dilakukan dengan ekstra hati-hati agar jangan sampai terjadi penularan Covid-19 dari klaster wisata.

“Sumber daya manusia sudah kami persiapkan. Standar operasional prosedur pelayanan wisatawan juga sudah, termasuk SOP warung kuliner dengan mengedepankan protokol kesehatan Covid-19,” kata Purwo.

Menurut pria yang akrab disapa Ipung ini pelayanan wisata di masa adaptasi kebiasaan baru ini terjadi banyak perubahan,mulai dari SDM yang harus selalu mengenakan alat pelindung diri seperti masker, sarung tangan, dan pelindung wajah. Pelaku usaha kuliner juga harus membersihkan meja dan kursi makan secara berkala.

Selain itu semua wisatawan yang masuk selain dicek suhu juga harus terdata lewat aplikasi Visiting Jogja. Aplikasi tersebut memungkinkan wisatawan untuk reservasi dan mengetahui daya tampung setiap objek wisata yang akan dikunjungi di masa pandemi. Setelah masuk juga akan ada pengawasan untuk mengingatkan wisatawan agar tetap mematuhi protokol kesehatan. “Yang penting SDM terbiasa dulu dengan kebiasaan baru,” ucap Ipung.

Koodinator Pengelola Wisata Seribu Batu Mangunan, Aris Purwanto menambahkan jam pelayanan wisata di masa pandemi ini juga berubah dari yang biasanya buka dari pukul 05.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB, maka saat ini mulai buka pukul 07.00-17.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement