RSU Bethesda Lempuyangwangi Terbakar, Sumbernya dari Ruang Laboratorium

Tim pemadam kebakaran menjinakkan api yang membakar salah satu laboratorium di RSU Bethesda Lempuyangan pada Senin (8/7/2020). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati
03 Agustus 2020 20:57 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Insiden kebakaran terjadi di RSU Bethesda Lempuyangwangi, Senin (8/7/2020) malam. Satu ruangan hangus dilahap si jago merah dan membuat kepulan asap menyebar ke ruangan terdekatnya.

Komandan Pemadam Kebakaran, Dinas Kebakaran Kota Jogja, Iskandar yang langsung terjun di lokasi menyebutkan bahwa kejadian terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. "Api membakar satu ruang yang merupakan laboratorium rumah sakit," terang Iskandar pada Senin (8/7/2020).

Dikatakan Iskandar sesampainya di lokasi kejadian kondisi api telah menjalar ke seisi ruang laboratorium. "Api sudah memenuhi ruangan," jelasnya. Saat tiba lokasi kejadian sudah sepi.

Akibatnya kepulan asap sempat menyebar ke ruangan lain di sekitar laboratorium yang terbakar. "Yang ruang operasi cuma kena imbasnya asap sama percikan api," terangnya.

Iskandar menerangkan setidaknya butuh waktu setengah jam untuk memadamkan api. Lima mobil pemadam kebakaran dari tim gabungan diterjunkan untuk memadamkan api. Bahkan mobil pemadam kebakaran harus mengisi ulang air untuk memadamkan karena air dalam mobil kurang.

Selanjutnya Iskandar menjelaskan butuh waktu sekitar lebih dari satu jam untuk melakukan pendinginan dan realisasi ruangan berukuran kurang lebih 5x10 meter yang terletak di lantai satu tersebut.