Pemkab Bantul-BPD DIY Siap Bangun Wisata Agro di Nawungan

Acara penanaman bibit bawang merah glowing di Dusun Nawungan, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Rabu (5/8/2020). PT Bank BPD DIY ikut terlibat dalam penanaman bawang merah bersama Bupati Bantul, Suharsono. - Istimewa/Dokumen BPD DIY\\n
05 Agustus 2020 19:12 WIB Yudhi Kusdiyanto Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—PT Bank BPD DIY terus mendukung berbagai upaya pembangunan yang dilakukan Pemkab Bantul di sejumlah sektor. Setelah sebelumnya ikut panen raya bawang merah dan lelang bersama dengan pola penjualan menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS) di Nawungan, Selopamioro, Kecamatan Imogiri, bank pelat merah ini kembali terlibat dalam program penanaman. Pada Rabu (5/8/2020), PT Bank BPD DIY ikut terlibat dalam penanaman bawang merah glowing di Nawungan. Penanaman bawang ini dipimpin langsung oleh Bupati Bantul, Suharsono.

PT Bank BPD DIY Cabang Bantul bersama Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) dan Dinas Pariwisata Bantul, juga menginisiasi untuk menjadikan Dusun Nawungan sebagai salah satu destinasi wisata baru di masa mendatang, yakni wisata agro dengan produk unggulan bawang merah semi organik glowing (gede nggemeske luwih ramah lingkungan).

Di masa mendatang berbarengan dengan agro wisata yang bakal dibentuk, bawang merah ini diharapkan ramah lingkungan. Hal ini sesuai misi PT Bank BPD DIY yaitu menjalankan fungsi agen pembangunan yang fokus mengembangkan sektor UMKM, mendorong pertumbuhan ekonomi dan menjaga lingkungan. “Kami selalu mendukung tumbuhnya klaster usaha dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan ditunjang layanan digital yang dimiliki PT Bank BPD DIY,” Pemimpin Cabang PT Bank BPD DIY Cabang Bantul, Arief Budiman, Rabu.

Penataan lingkungan pun mulai dibentuk, termasuk penguatan sinyal untuk memudahkan akses informasi dari dan ke Desa Selopamioro, sehingga QRIS PT Bank BPD DIY yang telah diakuisisi petani dapat dijalankan dengan baik di lokasi tersebut. Kegiatan ini adalah kerja bersama untuk mewujudkan segera agro wisata, sehingga diharapkan juga dukungan Pemerintah Pusat untuk membangun embung, serta pembuatan sumur dalam beserta pompa sebagai sarana pendukung lainnya. Kehadiran banyak pihak untuk membantu kegiatan ini tentu akan mempermudah proses sesuai program yang dicanangkan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bantul menyerahkan bantuan benih ikan kepada petani sekaligus membuka akses baru dari jalan utama menuju lokasi pertanian seluas 25 hektare. Dengan adanya jalan baru ini, diharapkan mempermudah akses keluar masuk petani dalam proses tanam dan panen. Bupati juga penyerahan penghargaan untuk petani, gapoktan dan petugas penyuluh berprestasi.