Advertisement

CEK FAKTA: Awan 'Tsunami' di Aceh Berbahayakah?

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 11 Agustus 2020 - 15:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
CEK FAKTA: Awan 'Tsunami' di Aceh Berbahayakah? Penampakan awan arcus di Meulaboh, Aceh, Senin (10/8/2020). - Suara.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Pada Senin (10/8/2020) kemarin, masyarakat di Meulaboh, Aceh dibuat geger akan adanya penampakan awan mirip gelombang tsunami. Sebagian dari mereka mengisyaratkan adanya awan mengerikan itu dengan isyarat akan datangnya bahaya.

Namun benarkah demikian?

Advertisement

Pakar Iklim UGM, Dr. Emilya Nurjani menjelaskan awan berbentuk gelombang tsunami yang terlihat di Meulaboh, Aceh Barat pada Senin (10/8/2020) pagi kemarin merupakan awan arcus. Kemunculan awan ini tidak terkait dengan bencana gempa maupun tsunami, tetapi menjadi penanda akan adanya cuaca buruk.

“Awan di Meulaboh kemarin pagi merupakan awan Arus, awan vertikal yang bisa tumbuh sangat besar. Awan ini sendiri tidak berbahaya, tetapi merupakan penanda atau adanya cuaca buruk yang akan datang,” paparnya melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (11/8/2020).

Dosen Fakultas Geografi UGM ini mengatakan bahwa fenomena awan arcus merupakan hal lazim, tetapi jarang terjadi atau fenomena langka. Meskipun awan arcus tidak berbahaya, tetapi memiliki potensi menimbulkan hujan deras yang disertai dengan petir atau kilat dan angin kencang.

Emilya kembali menegaskan bahwa awan arcus tidak ada kaitannya dengan potensi gempa atau tsunami. Kemunculan awan arcus ini berhubungan dengan kondisi dinamika di atmosfer. Proses terbentuknya awan ini dicirikan oleh arus naik dan turun yang kuat di dalam awan. Awan terbentuk saat aliran udara dingin turun dari awan mencapai tanah.

Udara dingin yang dibawah ke tanah melalui airan angin bawah tersebut kemudian menyebar secara horizontal di depan sistem awan. Selanjutnya udara dingin yang lebih berat menyebar dengan cepat di permukaan tanah dan mendorong udara lembab yang lebih hangat ke atmosfer.

“Saat udara hangat naik dan mendingin, terjadi kondensasi, yang mengarah pada pembentukan awan arcus dengan bentuk dan karakteristiknya yang unik,” tuturnya.

Mengingat adanya potensi cuaca buruk, Emilya meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak yang mungkin terjadi akibat hujan lebat, angin kencang, serta sambaran petir. Kondisi tersebut meningkatkan risiko pohon tumbang serta rumah roboh akibat diterjang hujan dan angin kencang.

Oleh sebab itu, dia mengimbau masyarakat untuk melakukan pemeliharaan pada pohon-pohon terutama yang rimbun dan tinggi dengan melakukan pemangkasan secara rutin. Dengan begitu diharapkan dapat meminimalisir risiko bencana hujan lebat dan angin kencang.

“Saat cuaca buruk sebaiknya segera berlindung dan mengurangi penggunaan alat-alat listrik. Sementara untuk nelayan sebaiknya tidak usah melaut dulu,”katanya.

Upaya pemeliharaan pohon yang berada di area publik dikatakan Emilya juga perlu digiatkan oleh pemerintah, terutama memasuki musim penghujan. Selain itu melakukan pengerukan di sunga-sungai yang mengalami pendangkalan agar dapat menampung debit air yang besar jika terjadi intensitas hujan dengan intensitas tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement