Kemarin DIY Diguyur Hujan, Kalau Hari Ini? Begini Prakiraan Cuacanya...

Ilustrasi. - Reuters
12 Agustus 2020 07:27 WIB Bernadheta Dian Saraswati Sleman Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Wilayah DIY diguyur hujan pada Selasa (11/8/2020) kemarin. Hujan di musim kemarau tersebut terjadi sejak sore hari. 

Menurut pantauan Harianjogja.com di wilayah Sleman, hujan terjadi sampai tengah malam dengan intensitas ringan hingga sedang. Hujan membuat beberapa orang bertanya-tanya karena terjadi saat musim kemarau atau musim kering. 

Menurut  penjelasan prakirawan Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY yang tersebar di aplikasi perpesanan Whatsapp grup, hujan terjadi di sebagian besar wilayah DIY pada sore – malam hari.

"Berdasarkan analisis pada lapisan ketinggian 700 mb pukul 00.00 UTC, hujan di wilayah DIY tersebut disebabkan oleh pertemuan arus angin di wilayah Jawa ditandai dengan belokan angin dan perlambatan kecepatan angin akibat aktivitas sirkulasi siklonik yang berpusat di Perairan Selatan NTT," tulis BMKG DIY.

Perlambatan kecepatan angin tersebut kemudian mengakibatkan penumpukan massa udara di wilayah Jawa sehingga mendukung pertumbuhan awan tipe Stratiform (jenis awan rendah) bersifat merata dan menyebabkan hujan ringan cukup lama di wilayah DIY.

Lalu bagaimana dengan kondsi cuaca untuk hari ini?

Untuk kondisi cuaca hari ini, Rabu (12/8/2020), wilayah DIY diperkirakan masih akan diguyur hujan ringan. Informasi tersebut disampaikan BMKG Staklim Jogja melalui akun Twitternya, Rabu pagi. 

Berdasarkan update citra radar cuaca DIY pada Rabu pukul 4.00 WIB, hujan ringan akan terjadi di wilayah Kabupaten Sleman, Kulonprogo, Bantul, dan Gunungkidul. Untuk Sleman, hujan ringan diperkirakan mengguyur Kecamatan Ngaglik, sementara Kulonprogo di Samigaluh, Girimulyo, Kokap, Temon, dan Wates. 

Untuk Kabupaten Bantul diperkirakan terjadi di Kecamatan Sedayu sementara untuk Gunungkidul hujan ringan terjadi di Tepus. 

Sumber : Twitter