Kustini Sri Purnomo Curhat Makanan Khas Sleman Favoritnya, Entok Slenget Turi Bikin Nagih

12 Agustus 2020 19:47 WIB Bernadheta Dian Saraswati Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Kabupaten Sleman memiliki beragam makanan khas yang bisa memanjakan lidah. Tak hanya makanan berat, UMKM kuliner di Sleman juga mengkreasikan makanan ringan yang bisa dijadikan buah tangan. 

Sebagai Ketua Penggerak PKK Kabupaten Sleman, Kustini Sri Purnomo bangga dengan kekayaan kuliner yang ada. Melalui unggahan video di Instagramnya, Rabu (12/8/2020) petang, istri Bupati Sri Purnomo ini pun membagikan beragam makanan khas Sleman yang menjadi favoritnya. Apa saja?

Ada jadah tempe yang kenyal gurih dan manis. "Makin enak dinikmati dengan cabe rawit," tulis Kustini dalam videonya. Jadah tempe merupakan camilan berat yang mudah dijumpai di kawasan Kaliurang, Pakem. 

Selain jadah tempe, perempuan yang maju dalam Pilkada Bupati Sleman ini juga menyukai olahan belut dari godean. Ia paling suka pepes belut dan sego welut.

Ada lagi ayam goreng Kalasan yang selalu pas di lidahnya. Kemudian entok slenget khas Turi yang teksturnya empuk dan bikin ketagihan.

"Warga Sleman terkenal sangat ulet dan kreatif. Tak hanya di kerajinan, tapi juga dalam mengkreasi produk olahan makanan," tulis Kustini. 

Baca Juga: Anda Wajib Tahu, Ini Mitos Masker yang Salah Kaprah

UMKM Sleman menurutnya juga semakin berkembang. Produk khas juga semakin banyak. "Ayo kita ramaikan," ajaknya. 

Kustini juga mengajak agar masyarakat menjadikan tamu atau wisatawan belum merasa berkunjung ke Sleman kalau belum menyantapnya atau membelinya untuk oleh-oleh. 

Kamu sendiri, apa makanan khas Sleman favoritmu?

Sumber : Instagram