Libur Panjang, Puluhan Aparat di Jogja Dikerahkan Hadapi Wisatawan

Bangku tempat duduk di sepanjang jalan Malioboro dipasangi pembatas dari tali rafia seperti terlihat pada Selasa (21/04/2020). - Harian Jogja/Desi Suryanto
14 Agustus 2020 22:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pemkot Jogja tak menutup mata terhadap potensi lonjakan pengunjung maupun wisatawan yang bakal memadati sejumlah titik keramaian yang ada di kota Jogja menyambut libur panjang tepatnya mulai dari Sabtu (15/8/2020) hingga Senin (17/8/2020).

Oleh karena itu, sebanyak 70 personel Satpol-PP Kota Jogja bakal disiapkan.

Kepala Satpol PP Kota Jogja Agus Winarto mengatakan jika 70 personel tersebut terbagi dalam tujuh regu yang bakal berjaga dari Simpang Empat Tugu Pal Putih, Jetis, Jogja hingga Titik Nol Kilometer, Gondomanan, Jogja.

Artinya, setiap regu berisikan 10 personel Satpol-PP Kota Jogja.

"Kami akan menurunkan sebanyak 70 personel yang kemudian akan kami bagi ke dalam 7 regu. Mereka akan fokus melakukan penjagaan dari Simpang Empat Tugu Pal Putih, Jetis, Jogja hingga Titik Nol Kilometer, Gondomanan, Jogja," ujar Agus, (14/8/2020).

Lebih lanjut, penjagaan ekstra bakal dilakukan oleh Satpol-PP Kota Jogja dari Simpang Empat Tugu Pal Putih, Jetis, Jogja hingga Titik Nol Kilometer, Gondomanan, Jogja.
Pasalnya, sepanjang titik tersebut disinyalir bakal terjadi kerumunan orang. Potensi terjadinya pelanggaran protokol pencegahan penularan Covid-19 juga bisa terjadi.

"Pengamatan selama ini yang kami lakukan di lapangan memang pelanggaran yang jelas terjadi adalah physical distancing dan masker. Sebenarnya, di pintu masuk sudah dilakukan deteksi awal, jadi langsung kami lakukan imbauan. Kalau sudah di tengah (Jalan Malioboro) kami juga terus awasi terutama soal jaga jarak dan penggunaan maskernya," terangnya.

Adapun, 70 personel yang dibagi ke dalam tujuh regu tersebut nantinya juga akan dibagi lagi ke dalam dua wilayah penjagaan.

Diantaranya, dua tim akan berjaga di wilayah Tugu Pal Putih hingga pintu kereta api Stasiun Tugu. Sedangkan, lima tim berjaga dari pintu perlintasan Stasiun Tugu hingga Titik Nol Kilometer.