Advertisement

Pesawat N250 Buatan Habibie Nyaris Tersangkut di Gerbang Tol Semarang

Newswire
Jum'at, 21 Agustus 2020 - 10:27 WIB
Sunartono
Pesawat N250 Buatan Habibie Nyaris Tersangkut di Gerbang Tol Semarang Pesawat N250 Gatotkaca diangkut keMuseum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta - Twitter - @_TNIAU

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG--Pengemudi yang melintas Gerbang Tol Banyumanik Semarang dikejutkan dengan kejadian sebuah pesawat yang nyaris tersangkut di atap gerbang tol, Kamis (20/8/2020) malam. Pesawat itu rupanya N250 Gatotkaca karya BJ Habibie yang diangkut truk dari Bandung menuju Jogja.

Dalam video berdurasi 30 detik yang beredar di media sosial (medsos), peristiwa itu terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. Tampak tinggi muatan dan ukuran pesawat memang tidak memungkinkan melintas di gerbang tol yang memiliki batas tinggi maksimal 4,2 meter. Namun sekitar pukul 22.10 WIB, truk bisa melewati gardu tol setelah dimundurkan dan menyeberang ke gerbang yang lebih tinggi.

Advertisement

Dari informasi yang dihimpun, pesawat N250 dibawa dari Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara Bandung menuju Museum Pusat Dirgantara (Muspurdirla) Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta.

BACA JUGA : Pesawat N250 Gatotkaca Harus Terima Nasib Akhir di 

Manajer Operasi PT Trans Marga Jawa Tengah (TMJ), Fauzi Abdurrahman saat dikonfirmasi wartawan membenarkan adanya kejadian tersebut. Fauzi menyatakan bagian pesawat belum benar-benar tersangkut atap gerbang tol karena truk berhenti sebelum melewati pintu tol.

“Tinggi muatan tak cukup untuk melintasi gardu yang saat itu dilewati. Sehingga truk pengangkut pesawat itu mundur dan melewati lewat gerbang yang lebih tinggi. Yakni ke gardu paling kanan yang lebih besar,” kata Fauzi, Kamis (20/8/2020) malam.

Sebelumnya, PT Dirgantara Indonesia menyerahkan pesawat tersebut sebagai tindak lanjut Surat Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (SKEP) Nomor 284/VIII/2020 tanggal 14 Agustus 2020 tentang Penugasan Penerimaan Hibah Pesawat Prototype Aircraft PA01 N250 milik PT DI untuk ditempatkan di Muspusdirla.

Rencananya, Muspurdirla akan melakukan proses penerimaan pesawat N250 pada 25 Agustus 2020 yang akan dihadiri Panglima TNI, Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Direktur Utama PTDI serta jajaran pejabat di lingkungan TNI AU dan PTDI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : inews.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement