GIPI DIY Gelar Diskusi untuk Update Perkembangan Pariwisata Jogja

Objek Wisata Taman Sari - Wikipedia
22 Agustus 2020 09:17 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) DIY dan Lima Kadispar Kabupaten/Kota di DIY menjadi narasumber bareng Zoominar. Mereka hadir di satu tempat: di Studio Webinar GM Production pada Rabu (26/8/2020) mendatang.

Pejabat penentu pariwisata DIY ini memaparkan kesiapan wilayah masing-masing dalam menyambut wisatawan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dalam acara ini, mereka berada dalam satu panel diskusi yang diformat semacam ILC. Dipandu oleh Dosen dan peneliti pariwisata Ike Janita Dewi PhD.

Selain keenam narasumber tersebut, juga ada penanggap dari sejumlah kalangan. Ada Ketua PHRI DIY, Ketua ASITA DIY, dari KADIN, serta stakeholder pariwisata lainnya. Ini semua berlangsung sebagai sinergi dan kolaborasi GIPI DIY dengan Dinas Pariwisata DIY.

"Selama ini, kolaborasi dan Sinergi kami berjalan dengan sangat baik. Hasilnya, pariwisata DIY menunjukkan perkembangan yang positif. Kami dari industri pariwisata pun siap menyambut wisatawan dengan Pranatan Anyar," jelas Ketua GIPI DIY Bobby Ardyanto Setyo Aji dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (22/8/2020).

Pemilik Java Villas Hotel ini menambahkan, kesiapan industri pariwisata harus mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah. Hal ini penting untuk mengembalikan dan menumbuhkan trust wisatawan agar datang ke Jogja," tambah Bobby.

Melalui zoominar bertema Jogja Tourism : Planning to Quick Recovery ini, diharapkan bisa terungkap perkembangan terbaru dan perencanaan industri pariwisata DIY serta pemerintah daerah untuk melakukan recovery cepat dengan Pranatan Anyar Plesiran Jogja.

"Kami juga berharap, langkah dan sinergi yang lebih konkret lagi untuk mempercepat pulihnya pariwisata di DIY. Misalnya, bagaimana proses verifikasi penerapan Protokol CHSE pencegahan Covid-19 di sektor pariwisata DIY," tandas Bobby.

Ditambahkan pula, zoominar ini adalah serupa branding dan promosi pariwisata DIY. Pasti akan banyak informasi yang dibutuhkan travel agent, peminat pariwisata maupun Dinas Pariwisata di luar DIY. Acara yang bisa diikuti lewat Zoom dan Live YouTube GIPI DIY ini digelar pada hari Rabu, 26 Agustus 2020 pukul 14.00 s.d. 16.00 WIB.  Peserta bisa mendaftar melalui Link registrasi: http://bit.ly/zoominarJOGJA

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengapresiasi ide GIPI mempertemukan Lima Kadispar di wilayah DIY ini. Saat Tim Zoominar GIPI DIY melakukan audiensi ke Dinas Pariwisata DIY, Singgih pun memastikan dirinya hadir dan mengajak kelima "anak buahnya."

"Bagus kalau formatnya tidak paparan," tambah Singgih saat diberi tahu format zoominar seperti ILC.

Sebelum acara zoominar ini, serangkaian kegiatan awal telah dilakukan. Di antaranya, Selasa (18/8) siang, para Kadispar se-DIY ini sudah hadir untuk konsolidasi.

Hadir dalam silaturami bulanan GIPI DIY di Sari Dewi Catering, Sleman ini Singgih Raharjo, Kwintarto Heru Prabowo (Kadispar Bantul), Joko Mursito (Kadispar Kulonprogo) Sri Sudarningsih (Kadispar Sleman) dan Maryustion Tonang (Kadispar Kota Jogja). Hanya Asti Wijayanti (Kadispar Gunungkidul) yang diwakilkan Sekretaris Dinas Hary Sukmono. 

Acara pertemuan yang diikuti semua asosiasi pariwisata anggota GIPI DIY itu juga dimanfaatkan untuk sosialisasi aplikasi baru untuk pariwisata Jogja. Aplikasi ini juga akan dijelaskan saat Zoominar, 26 Agustus nanti.