Mulai Hari Ini, KA Bandara Jalur YIA Kembali Dioperasikan

Foto ilustrasi. - Solopos/M. Ferri Setiawan
23 Agustus 2020 10:07 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA —Kereta Api Bandara jalur Yogyakarta International Airport (YIA), yang sempat dihentikan, kembali dijalankan mulai Minggu (23/8/2020).

“Nanti akan dijalankan kembali secara bertahap untuk Kereta Bandara, belum semuanya. Untuk KA Bandara ini tidak perlu rapid test, karena termasuk KA lokal. Namun, penumpang tetap harus mematuhi protokol yang ada,” kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto, Minggu (23/8/2020).

Baca juga: 85% Santri Ponpes Tegalrejo Sudah Masuk, Santri Berpenyakit Bawaan Belum Diizinkan

Setidaknya akan ada empat KA Bandara yang melalui rute Yogyakarta-Wates-Wojo-Kutoarjo-Kebumen akan mulai dioperasikan Minggu (23/8/2020) – Senin (31/8/2020). Diharapkan dengan kembali dijalankannya KA Bandara tersebut, dapat mempermudah akses masyarakat.

Eko menambahkan secara umum pada long weekend hari kemerdekaan dan tahun baru Islam, jumlah penumpang Kereta Api secara umum mengalami peningkatan jumlah penumpang. “Memang sudah mengalami peningkatan kemarin Dirut KAI juga mengecek kesiapan untuk Kereta Api yang sempat tidak beroperasi, dan akan dioperasikan kembali secara bertahap,” ujarnya.

Ia mengatakan protokol pencegahan Covid-19 tetap menjadi perhatian utama. Selain pembagian masker dan edukasi ke penumpang saat perayaan kemerdekaan kemarin, dikatakan Eko bahwa peningkatan fasilitas, seperti kran air untuk cuci tangan yang minim sentuhan pun sudah disiapkan. Diharapkan dengan begitu masyarakat dapat lebih merasa aman dan nyaman naik Kereta Api.

Baca juga: Kakak Raja Jogja Wafat, Gamelan Kraton Tak Boleh Dibunyikan Selama 3 Hari

Terkait rencana pengoperasian kembali KA Bandara, Pelaksana Tugas Sementara (PTS), Agus Pandu Purnama menyambut baik. “Baguslah itu bisa menambah aksesibilitas, semakin mudah masyarakat mengakses YIA,” ucap Pandu.

Pandu mengatakan untuk jumlah penumpang pesawat memang belum ada kenaikan signifikan saat long weekend¸hampir sama dengan saat libur akhir pekan. “Long weekend masih hampir sama dengan weekend dikisaran 4.500 per harinya. Kalau hari biasa 4.000 tapi kadang bisa kurang, dan bisa lebih juga,” ujar Pandu.

Dia mengatakan untuk tujuan penerbangan paling banyak yaitu untuk penerbangan ke Makassar dan Balikpapan. Selain itu dikatakannya ada rute penerbangan baru belum lama ini yaitu ke Palembang. “Ada Palembang yang tambahan terakhir, karena Garuda melihat banyak mahasiswa yang dari Palembang kuliah di Jakarta atau Jogja,” ujarnya. (Herlambang Jati Kusumo).

KA Bandara YIA

Yogyakarta-Wates-Wojo-Kutoarjo-Kebumen

KA 801
23-31 Agustus 2020
Yogyakarta-Wates-Wojo-Kutoarjo-Kebumen
Pukul 08.35 WIB

KA 802
23-31 Agustus 2020
Kebumen-Kutoarjo-Wojo-Wates-Yogyakarta
Pukul 10.23 WIB

KA 803
23-31 Agustus 2020
Yogyakarta-Wates-Wojo-Kutoarjo-Kebumen
Pukul 15.05 WIB

KA 804
23-31 Agustus 2020
Kebumen-Kutoarjo-Wojo-Wates-Yogyakarta
Pukul 17.40

Sumber: PT KAI Daop 6