Satu Nakes Positif Corona, UGM Lakukan Tracing

Ilustrasi. - Freepik
26 Agustus 2020 14:37 WIB Lajeng Padmaratri Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Satgas Covid-19 Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan penelusuran kontak kepada seluruh pegawai Gadjah Mada Medical Center (GMC) setelah salah satu tenaga kesehatannya (nakes) positif Covid-19 pada Selasa (25/8/2020).

Ketua Satgas Covid-19 UGM, Rustamadji, menuturkan screening perlu dilakukan untuk mengantisipasi penularan virus di internal GMC. Kendati demikian, menurutnya, dalam pekan ini nakes yang positif Covid-19 tersebut tidak banyak berinteraksi dengan pasien maupun karyawan GMC lainnya.

"Nakes yang positif Covid-19 tersebut saat ini telah menjalani isolasi mandiri," kata dia, Rabu (26/8/2020).

Pihaknya juga telah menyiapkan tempat isolasi mandiri bagi karyawan GMC yang memerlukan, termasuk bagi karyawan GMC yang tengah menunggu hasil swab dalam upaya screening ini.

Selain itu, antisipasi internal juga dilakukan dengan dekontaminasi ruangan di GMC. Penyemprotan desinfektan di GMC langsung dilakukan pada Selasa kemarin setelah nakes tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

"Harapannya setelah dekontaminasi layanan akan kembali berjalan normal," imbuhnya.

Menurutnya, layanan di GMC akan tetap beroperasi dengan normal lantaran pihaknya telah menyiapkan tim agar layanan di GMC tetap bisa berjalan.