Advertisement

Mahasiswa Baru UGM Akan Jalani Ospek Daring

Lajeng Padmaratri
Senin, 07 September 2020 - 04:37 WIB
Bhekti Suryani
Mahasiswa Baru UGM Akan Jalani Ospek Daring Logo UGM. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-- Pandemi Covid-19 membuat ribuan mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM) tidak bisa mengikuti masa orientasi atau Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) secara langsung seperti tahun-tahun sebelumnya. Mereka harus menjalani PPSMB secara daring pada Senin (7/9/2020).

Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Djagal Wiseso Marseno menuturkan kegiatan orientasi ini diselenggarakan untuk memberikan bekal kepada para mahasiswa baru supaya menjadi pembelajar yang sukses di UGM. Kendati dilaksanakan secara daring, hal ini menurutnya tidak akan mengurangi esensi PPSMB.

Advertisement

"Di era pandemi ini pelaksanaannya memang sedikit berbeda, tetapi semangatnya tetap sama, yaitu untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan, nilai ke-UGM-an, dan nilai keilmuan. Apalagi sejak dulu PPSMB memang lebih menekankan pada aktivitas yang mengasah intelektual dibanding fisik," kata Djagal pada Minggu (6/9/2020).

Ribuan peserta masa orientasi ini pun akan dibagi ke dalam kelompok-kelompok yang terdiri atas mahasiswa dari berbagai program studi maupun asal daerah. Djagal berharap dengan pembentukan kelompok ini, maka mahasiswa baru tetap bisa menjalin kerja sama dan berdiskusi dengan memanfaatkan media digital.

"Yang digembleng bukan ketahanan fisik, tapi ketahanan intelektualitas dari mahasiswa sebagai insan akademis. Harapannya selama mengikuti PPSMB kecerdasan softskill mahasiswa meningkat dan bisa memiliki toleransi serta mampu beradaptasi selama menjadi mahasiswa UGM,” terangnya.

Ia menekankan bahwa masa orientasi ini bukanlah momen perploncoan, melainkan perlu disambut dengan antusiasme. Di samping itu, pihaknya juga akan memberikan bantuan kuota internet bagi mahasiswa selama PPSMB.

Djagal menambahkan UGM juga tengah menyiapkan naskah akademik agar pelaksanaan PPSMB bisa terhitung ke dalam satuan kredit semester (SKS) sehingga para peserta PPSMB akan mendapat nilai dari kegiatan PPSMB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement