Awas! Potensi Gelombang Tinggi di Selatan DIY Hari Ini

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
08 September 2020 08:07 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Cuaca di wilayah DIY pada Selasa (8/9/2020) ini diperkirakan cerah berawan.

Hal itu diketahui dari update citra radar cuaca DIY pukul 03.10 WIB yang diunggah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jogja pada akun Instagramnya @staklim_jogja.

Meski kondisi cuaca diprakirakan cerah berawan, tetapi BMKG Staklim Jogja mengeluarkan surat edaran tentang peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku mulai Senin (7/9/2020) sampai Rabu (9/9/2020) pukul 07.00 WIB.

Dijelaskan melalui Twitter @StaklimJogja, pola angin di wilayah Indonesia bagian Utara umumnya dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 6-20 knot sedangkan di wilayah selatan Indonesia dari Timur-Tenggara dengan kecepatan 8-25 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Peraian selatan P. Sumba, Selat Makassar bagian selatan, Laut Banda bagian barat dan Laut Arafuru," tulis@StaklimJogja.

Kondisi tersebut membuat potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah, salah satunya di perairan dan Samudera Hindia selatan DIY.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," tutup @StaklimJogja.

Sumber : Twitter, Instagram