Pemuda Ini Pamer Bisa Beli dan Renovasi Rumah 3 Lantai, Warganet: UMR Jogja Mustahil

Tangkapan layar video beli rumah saat muda. - Twitter @rasamochacino
11 September 2020 18:47 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Nama Jogja kembali disebut-sebut dalam obrolan para pengguna media sosial Twitter, Jumat (11/9/2020). Hal itu ternyata bermula dari postingan @rasamochacino pada 9 September 2020 lalu.

Melalui akun Twitternya, @rasamochacino mengunggah sebuah video aplikasi TikTok milik @andrirazis yang menunjukkan sedang selesai merenovasi rumah. Rumah tersebut dibeli pada 2017 dan sudah direnovasi hingga tiga kali menjadi tiga lantai.

Dalam video dijelaskan kalau @andrirazis tidak menyangka bisa membeli rumah jika tidak mendapat dorongan dari orang tua. Meski ia sendiri sebenarnya juga ingin punya rumah.

Dalam pikirannya, membeli rumah itu setelah menikah. Namun jika terus ditunda, harga rumah juga terus naik.

Dalam video itu, @andrirazis berpesan bagi yang masih muda-muda, jangan takut untuk beli rumah. Lebih baik uang yang ditabung, dipakai untuk hal yang bermanfaat.

Pada akhir video, ditunjukkan mini garden di lantai tiga yang menjadi tempat favoritnya.

"Intinya gue mau memotivasi kalian, bahwa nggak ada yang enggak mungkin punya rumah di usia muda," ucapan penutup dalam video itu.

Mengunggah video itu, @rasamochacino menyertakan keterangannya, "Tuh dengarin Jangan terlalu hedon dimana Muda mu kawaaan, hidup terus berjalan".

Unggahannya itu pun menuai beragam komentar. Beberapa di antaranya menyinggung UMR Jogja yang sangat berat untuk mewujudkan mimpi memiliki rumah tiga lantai di usia muda, seperti dalam video tersebut.

"Nggak ada yg nggak mungkin kecuali gajimu UMR Jogja.," komentar @brigittasiw.

"Yang gajinya masih UMR atau di bawah UMR (Terutama warga Jogja). Kita realistis aja, penghasilan kita sekarang mustahil sekali bisa beli rumah, tapi jangan trus patah semangat, kita fokus aja nabung sebanyak mungkin sesuai kemampuan kita. Urip melu morotuo bukanlah kejahatan," komentar @PenjahatGunung.

"Sandwich generation gaji UMR lebih dikit cant relate," tulis @berniemhmmd_.

"Penghasilan dibawah umr mana suaranya aowkaowkaowk," komentar @Bhusbus.

"UMR rembang jangan berharap beli rumah yaa, kecuali warisan," tulis @seekorTirex.

Namun ada pula pengguna Twitter yang berpikir positif dengan menjadikan video tersebut sebagai motivasi.

"Komennya pada nyinyir, gaji masi umr lah, malah disangka pamer lah. Ayolah kan kalo gaji umr bisa bikin rumah juga kita bisa lebih bangga lagi sama diri kita sendiri," tulis @fajrinwicak.

Sumber : Twitter