Hasil Pemeriksaan Kesehatan Bapaslon Pilkada Sleman Sudah Keluar

Dirut RSUP Sardjito Rukmono Siswishanto didampingi Ketua IDI DIY Joko Murdiyanto menyerahkan hasil pemeriksaan bakal pasangan calon kepada Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi, Sabtu (12/9/2020). - Ist/dok
12 September 2020 15:57 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Hasil pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati Pilkada Sleman sudah keluar. Penyerahan hasil pemeriksaan kesehatan tersebut akan diserahkan oleh KPU Sleman kepada masing-masing bapaslon pada Senin (14/9/2020) mendatang.

Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi mengatakan hasil pemeriksaan kesehatan bagi tiga bapaslon diserahkan oleh tim pemeriksa RSUP dr Sardjito pada Sabtu (12/9/2020) ini.

Pemeriksaan para bapaslon sendiri sudah digelar oleh 36 dokter spesialis. Selain melibatkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), pemeriksaan kesehatan para bapaslon juga melibatkan Badan Nasional Nasional Provinsi DIY dan Himpunan Psikolog Indonesia (Himpsi) DIY.

Baca juga: Gibran Cukur Rambut di Pasar Gede Solo, Warga Ramai Menonton dan Ikut Cukur Gratis

"Hasil pemeriksaannya oleh RSUP dr Sardjito sudah diserahkan kepada kami hari ini. Sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan, kami melakukan koordinasi dengan IDI, BNN dan HIMPSI," katanya, Sabtu (12/9/2020).

Setelah menerima hasil pemeriksaan kesehatan para bapaslon tersebut, KPU langsung menggelar rapat pleno. Hasil pemeriksaan tersebut katanya menjadi salah satu hal yang masuk dalam penelitian administrasi syarat pencalonan. Secara keseluruhan, kata Trapsi, kelengkapan berkas syarat pencalonan akan disampaikan kepada seluruh bapaslon pada Senin (12/9/2020).

Baca juga: Erick Thohir Sebut Kasus Corona Tanah Air Bisa Sampai 500.000 pada Akhir 2020

"Ketika ada beberapa hal kekurangan berkas akan kami sampaikan kepada semua bapaslon untuk dilakukan perbaikan dokumen yang kurang," katanya.

Hasil swab sudah diserahkan kepada KPU saat pendaftaran secara langsung. Seluruh bapaslon menyerahkan hasil uji swab negatif Covid-19. "Hasil pemeriksaan kesehatan ini akan kami kaji dan plenokan dan hasilnya akan kami sampaikan pada Senin," katanya.