Advertisement

Tim Pbm UPNVY Beri Pelatihan PKK Demangan

Galih Eko Kurniawan
Jum'at, 18 September 2020 - 06:10 WIB
Galih Eko Kurniawan
Tim Pbm UPNVY Beri Pelatihan PKK Demangan Tim pengabdian dari UPNVY menggelar kegiatan pendampingan kepada kelompok ibu-ibu PKK RT01/RW03 Demangan, Kecamatan Gondokuman.- Harian Jogja - Ist\\r\\n\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tim pengabdian dari Fakultas Teknik Industri Jurusan Teknik Informatika UPN Veteran Yogyakarta (UPNVY) menggelar kegiatan pendampingan kepada kelompok ibu-ibu PKK RT01/RW03 Demangan, Kecamatan Gondokusuman.

Tim PBM UPNVY beranggotakan Frans Richard Kodong sebagai ketua, kemudian dengan anggota Juwairiah, Vynska Amalia Permadi, Riza Prapascatama Agusdin dan melibatkan dua mahasiswa.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dalam pendampingan itu, ibu-ibu PKK dilatih memproduksi kain ramah lingkungan yang dinamakan Retrico Products. Dari bahan kain yang diproduksi, ibu-ibu dapat membuat menjadi aneka aneka produk seperti, baju, tas, sarung bantal, masker ataupun taplak meja.

“Dalam proses produksinya, sarana/prasarana, alat produksi serta dapur menggunakan milik warga,” Ketua Tim PBM UPNVY, Frans Richard Kodong, dalam rilisnya kepada Harian Jogja, Kamis (17/9/2020).

Saat ini kelompok PKK RT01/RW03 Demangan dipimpin dari RT01, didampingi beberapa pengurus, terdari dari sekretaris, bendahara dan dibantu ibu-ibu dan warga RT dalam melaksanakan kegiatan usaha kain ramah lingkungan tersebut.

Kegiatan PBM ini akan berlangsung selama enam bulan sejak Mei lalu sampai November mendatang. Dengan makin dikenalnya oleh sebagian masyarakat, usaha kelompok ibu-ibu PKK mendapatkan perhatian baik di kawasan Demangan sendiri dan dari beberapa daerah lain yang ingin mengetahui proses pembuatan kain ramah lingkungan tersebut.

Karena itu, selain proses produksi, kelompok ibu-ibu PKK ini membutuhkan dukungan sarana dan prasarana untuk berbagi pengetahuan kepada mereka yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai produk kain ramah lingkungan tersebut.

Frans mengungkapkan hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana produk-produk tersebut diatas dapat dipromosikan dan dipasarkan dengan baik. Hal ini membutuhkan media promosi dan pemasaran yang andal, yaitu media pemasaran yang murah, mudah, informatif dan mampu menjangkau pasar secara luas.

Kegiatan PBM diawali dengan perencanaan proram pengabdian bersama tim pengabdi dan pengurus ibu-ibu PKK. Setelah itu ada lokakarya dan pelatihan serta membuat solusi terbaik dari masalah produktivitas dan pemasaran produk kain ramah lingkungan retrico products ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

News
| Senin, 06 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement