Astra Motor Yogyakarta Gelar Webinar Safety Riding untuk Mahasiswa UNY

Webinar safety riding yang digelar untuk mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta yang digelar beberapa waktu lalu./Ist
22 September 2020 17:57 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Astra Motor Yogyakarta selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas kembali menegaskan komitmennya dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Salah satunya melalui webinar safety riding yang digelar untuk mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta yang digelar beberapa waktu lalu.

Berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DIY dan Ditlantas Polda DIY, seminar daring ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa baru dan dosen-dosen jurusan Teknik Otomotif UNY.

“Berdasar data dari Korlantas Republik Indonesia, salah satu faktor terbesar yang menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah perilaku berkendara dari pengemudi kendaraan bermotor. Hal itu disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan etika berkendara yang benar. Oleh karena itu melalui webinar yang kami gelar ini semoga bisa menjadi bekal bagi adik-adik mahasiswa baru,” ungkap Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta, Muhammad Ali Iqbal, melalui siaran pers, Selasa (22/9/2020).

Webinar kali ini dibagi menjadi beberapa segmen yang meliputi pemaparan mengenai pengenalan rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Keselamatan dan Teknologi Transportasi Dishub DIY, Didit Suranto dan pembahasan mengenai regulasi lalu lintas yang disampaikan oleh Kasi Audit dan Inspeksi Subdit Kamsel Ditlantas Polda DIY AKP Sukaryati.

Pada segmen penutup, seluruh peserta dibekali dengan materi edukasi tentang teknik berkendara yang aman, potensi bahaya yang mungkin timbul di jalan raya, hingga penyesuaian perlengkapan berkendara di era adaptasi kebiasaan baru. Materi tersebut disampaikan secara langsung oleh Instruktur Safety Riding Astra Motor Yogyakarta, Triyanto.

Tak sampai di sini, Astra Motor Yogyakarta juga berkomitmen untuk membekali peserta webinar kali ini dengan pelatihan secara praktek. Hal itu dilakukan untuk mematangkan keterampilan peserta dalam mengendarai sepeda motor dengan aman bagi diri sendiri dan orang lain.

Setelah kondisi membaik dan memungkinkan, pihak Astra Motor Yogyakarta akan mengundang peserta webinar ini untuk mengikuti pelatihan safety riding di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta. Harapannya seluruh peserta dapat mempraktekkan apa yang telah dipelajari secara teori. (*).