ASN Dinkes DIY Asal Sleman Meninggal karena Covid-19

Ilustrasi mayat - Ist/Okezone
23 September 2020 20:37 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Dinas Kesehatan DIY dilaporkan meninggal setelah dinyatakan positif Covid-19, pada Rabu (23/9/2020), di RSUP Sardjito pukul 09.57 WIB. Almarhum tercatat sebagai Kasus 1.819, laki-laki 50 tahun, berdomisili Sleman.

Kabar ini dibenarkan Kabag Humas Pemda DIY, Ditya Nanaryo Aji. Ia menjelaskan almarhum memiliki penyakit komorbid diabetes melitus. “Meski saat memasuki rumah sakit kondisinya bergejala ringan, namun karena komorbid yang dideritanya, kondisinya semakin memburuk,” ujarnya.

Berdasarkan contact tracing yang dilakukan Dinas Kesehatan Sleman, almarhum tertular dari kakaknya. Almarhum sempat bepergian satu mobil dengan sang kakak pada 30 Agustus lalu. Adapun kondisi kakaknya waktu itu sedang memiliki gejala flu.

Namun setelah menjalani pemeriksaan di laboratorium, diketahui ternyata kakak almarhum terkonfirmasi positif covid-19. Setelah mengetahui hal tersebut, almarhum pun merasakan hal yang sama. Almarhum lalu menjalani tes swab pada 8 September dan dinyatakan positif.

Sejak itu almarhum dirawat di rumah sakit selama 16 hari, dengan kondisi yang semakin memburuk akibat penyakit diabetes yang dimilikinya. Dinas Kesehatan juga sudah mentacing kontak erat almarhum, yang kemudian didapati istri dan anaknya juga positif.

Selain keluarga, tracing juga dilakukan pada seluruh pihak yang berkontak erat dengan almarhum, terutama rekan kerjanya di Dinas Kesehatan DIY. pada lingkungan kantornya, dilakukan disinfeksi dan ditutup selama tiga hari, pada 9-11 September lalu.