Gandung Resmikan Jembatan yang Dibangun Pakai Dana Aspirasi

Peresmian jembatan yang menghubungkan antara Dusun Kowen II Desa Timbulharjo, Sewon dengan Dusun Bangeran, Desa Sabdodadi Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Rabu (23/9 - 2020)./Ist
23 September 2020 19:37 WIB Media Digital Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Anggota Komisi VII DPR RI Gandung Pardiman meresmikan jembatan yang menghubungkan antara Dusun Kowen II Desa Timbulharjo, Sewon dengan Dusun Bangeran, Desa Sabdodadi Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Rabu (23/9/2020). Jembatan itu dibangun menggunakan dana aspirasi sebesar Rp250 juta.

Gandung Pardiman menjelaskan niat memperjuangkan pembangunan jembatan yang menghubungkan Desa Sabdodadi dan Timbulharjo itu berawal saat lewat di kawasan tersebut. Saat itu jembatan dalam keadaan rusak, padahal menjadi akses warga setempat, pihaknya pun berembug dengan tokoh masyarakat setempat. Kemudian dibangun menggunakan dana aspirasi DPR RI sebesar Rp150 juta dan saat ini sudah bisa dilewati kendaraan roda empat. Nantinya akan ditambah Rp100 juta untuk dibangun bronjong, sehingga total dana aspirasi yang dipakai Rp250 juta.

"Karena masyarakat gotong royongnya tinggi sehingga hasil pembangunannya sangat baik, sebenarnya anggarannya kecil hanya Rp150 juta, tetapi akan ditambah lagi Rp100 juta untuk membangun bronjong di sekitar jembatan," ungkapnya.

Ketua DPD I Golkar Provinsi DIY ini menilai keberadaan jembatan tersebut sangat penting untuk mendukung peningkatan perekonomian warga. Karena di pedukuhan tersebut banyak UMKM, home industri yang dirintis oleh warga. Sehingga kemudahan akses sangat dibutuhkan guna mendukung pemasaran.

"Jadi bisa menopang banyak perekonomian warga karena di pedukuham ini ada yang biasa membuat kerajinan kursi dari bambu dan banyak industri rumah seperti makanan yang dibuat, ini butuh akses," ujarnya.

Ia menegaskan, pemilihan dusun tersebut murni semata-mata karena warga butuh bantuan perbaikan jembatan secepatnya. Tidak sepenuhnya terkait dengan basis massa yang memberikan perolehan suara di partainya. "Biar pun perolehan suaranya belum kategori basis Golkar namun tetap saya bangun agar masyarakat mendapatkan manfaatnya," tutur Gandung.

Bupati Bantul Suharsono yang hadir dalam peresmian jembatan itu berterima kasih atas bantuan pembangunan jembatan tersebut memakai dana aspirasi DPR RI. Keberadaan jembatan tersebut sangat memberikan manfaat bagi masyarakat karena akses menjasi lebih cepat. Harapannya keberadaan jembatan visa meningkatkan perekonomian warga sekitar.

"Selain itu memudahkan akses anak sekolah dari arah timur ke barat, bisa lewat jembatan ini. Kami sebagai kepala daerah sekaligus sebagai warga Bantul berterima kasih atas pembangunan jembatan ini," ungkap Suharsono.

Penjabat Lurah Timbulharjo Sewon Bantul Warjono mengakui dengan telah dibangunnya jembatan itu akses transportasi lalu lintas warga menjadi lebih mudah.

"Ini sangat memberikan manfaat kepada warga di pedukuhan Sanggrahan untuk bisa mendukung perekonomian di kampung dan dalam rangka utk meningkatkan transportasi," pungkasnya. (*)