Pemkab Bantul Tegaskan Toko Modern di Mancingan Sudah Berizin Lengkap

Ilustrasi - Freepik
28 September 2020 12:27 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Warga RT 01 Mancingan, Parangtritis, Bantul menolak berdirinya toko waralaba di wilayahnya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul menyebut izin toko modern sudah beres.

Sekretaris Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Bantul, Totok Budiharto, mengatakan izin dari toko waralaba di Mancingan tersebut tidak ada masalah. Semua persyaratan telah dipenuhi saat pengajuan.

Menurut Totok, pendirian toko waralaba di Bantul diatur oleh Perda No.21/2018. Dalam perda tersebut dijelaskan jarak antara toko modern dan toko berjejaring atau waralaba seperti minimarket, supermarket, dan departement store, dengan pasar rakyat paling dekat 3.000 meter atau tiga kilometer.

Sementara, jarak toko modern yang tidak berjejaring dan tidak berwaralaba dengan pasar rakyat paling dekat dalam radius 500 meter.

Jarak hipermarket dan perkulakan, paling dekat dalam radius 500 meter dengan pasar rakyat, kecuali yang berlokasi di Ring Road serta berbatasan dengan Kota Jogja dan Kabupaten Sleman.

“Selain itu juga mereka mendapatkan rekomendasi dari Dinas Perdagangan. Jadi enggak ada masalah,” terangnya.

Perwakilan warga Mancingan bertemu dengan DPRD Bantul, Senin (28/9/2020) ini.

Sementara warga RT 01 Mancingan, Parangtritis, Kretek Tri Waldiyono mengatakan, surat audiensi ke sekretariat DPRD Bantul telah diajukan beberapa waktu lalu. Namun, keinginan itu baru bisa terealisasi Senin (28/9/2020).